Pembangunan Jaringan Listrik Pulau Pahawang Dimulai

147
Foto Humas Pesawaran - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan jajaran PLN UID Lampung hadiri groundbreaking pembangunan Saluran Kabel Laut Tegangan Menengah (SKLTM) di Dusun Kalangan Desa Pulau Pahawang.
GEDONGTATAAN – Masyarakat Pulau Pahawang dapat berbangga hati, pasalnya setelah puluhan tahun mendambakan masuknya listrik, kini wilayah yang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata Provinsi Lampung khususnya Pesawaran sudah teraliri listrik.
 
“Seperti kita ketahui Lampung masih krisis energi. Namun, PLN telah bekerja keras, apalagi ini daerah kepulauan pahawang dan merupakan kebanggaan karena ini daerah wisata. Dan  saya tetap mengedepankan bagaimana pesawaran menjadi ikon pariwisata,” ungkap Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberikan sambutan pada groundbreaking pembangunan Saluran Kabel Laut Tegangan Menengah (SKLTM) di Dusun Kalangan Desa Pulau Pahawang Kecamatan Marga Punduh pada Rabu (20/11).
 
Untuk itu Arinal berpesan kepada seluruh warga di Pulau Pahawang untuk menjaga keberlangsungan destinasi wisata pahawang. Dimana pahawang akan menjadi kebanggaan Indonesia. Karena Pulau Pahawang  menghubungkan beberapa destinasi wisata seperti pulau Tegal, GAK, Teluk Kiluan dan Taman Nasional. Oleh karena itu kelangsungan pariwisata pulau pahawang bergantung kepada masyarakat pahawang. 
 
“Tidak hanya itu, setelah listrik nanyinya industri teknologi akan kita kembangkan dan juga provider. Saya pesan kepada bapak bapak kalau sudah terang wilayahnya, maka hatinya juga tetap terang. Jangan mimpinya terang pikirannya gelap. Ini (Pahawang) akan dijadikan daerah wisata yang artinya beragam macam penduduk Indonesia maupun internasional yang mau datang kesini,” ucapnya.
 
Selain itu, lanjut orang nomor satu di Bumi Ruwa Jurai ini, masyarakat Pahawang juga harus menjaga kelangsungan terumbu karang yang ada dipulau tersebut. 
 
“Kalau tidak kita amankan maka wisatawan akan pindah nantinya. Kalau ada nelayan nakal dari luar lapor dengan bupati. Dan insya Allah kedepan akan kita bangun dermaga kecil disini,” ujarnya.
 
Sementara Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona memberikan apresiasi kepada pemerintah Lampung dan pihak PLN yang telah memberikan perlindungan energi listrik ke seluruh wilayah Pesawaran.
 
“Alhamdulilah pak Gubernur sudah bertahun tahun mendampingi kami untuk perlindungan energi liatrik di pesawaran. Sesuai dengan tagline PLN untuk kehidupan lebih baik juga telah memberikan energi hingga ke wilayah pegunungan. Dan listrik ini sudah di idam idamkan masyarakat pahawang dari puluhan tahun yang lalu,” ungkap Dendi.
 
Selain itu ucapan terima kasih juga kepada pihak PLN atas program yang telah dicanangkan. Dan tentunya program yang dicanangkan PLN merupakan “intervensi” atau desakan dari Gubernur Lampung untuk menjadikan Lampung Terang.
 
“Saya yakin program ini merupakan ” intervensi” ataupun desakan dari pak gubernur. Belum genap satu tahun, tapi beliau (Gubernur) sudah kemana mana membuat masyarakat lampung terbebas dari kegelapan. Dan ini komitmen beliau membuat Lampung berjaya,” paparnya.
 
Lebih jauh Dendi berharap agar  program serupa dapat kembali digulirkan. Karena pulau Legundi masih belum teraliri listrik.
 
“Jangan ada yang nyolong-nyolong ya. Tentunya dengan masuknya listrik pembiayaan hidup masyarakat akan lebih murah di Pahawang ini,” pungkasnya. (Rus)
BACA :  Kampung Tangguh Andan Jejama Tanggulangi Bidang Ekonomi dan Ketahanan Pangan