Pemdes Cimanuk Tetapkan Data SDGs

6
Kepala Desa Cimanuk, Khairullah saat menandatangani surat keputusan hasil penetapan data SDGs Desa Cimanuk, disaksikan ketua BPD Cimanuk dan tokoh masyarakat.
WAY LIMA – Pemerintah Desa Cimanuk melaksanakan musyawarah desa khusus (Musdesus) bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cimanuk dalam rangka penetapan hasil data SDGs (Sustainable Development Goals) di balai desa Cimanuk, Kamis (10/6).
Ketua BPD Cimanuk, H. Sofian mengatakan pelaksanaan musdesus penetapan hasil data SDGs merupakan pedoman bagi desa dalam pembangunan infrastuktur untuk kemashalatan masyarakat sesuai dengan tujuan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.
“Kita melaksanakan musdesus penetapan hasil SDGs dengan lancar, karena basis data SDGs tersebut merupakan pedoman pembangunan kedepan sesuai dengan tujuan pemerintah,” ujarnya.
Menurutnya, penetapan hasil input data program SDGs sangat bermanfaat untuk mengetahui aspek pembangunan infrastruktur maupun non infrastruktur di Desa Cimanuk.
“Sangat bermanfaat bagi desa maupun bagi masyarakat karena semua aspek ditunjang untuk kemajuan desa melalui basis data SDGs desa,” kata Sofian.
Sementara, Kepala Desa Cimanuk, Khairullah mengatakan tujuan pelaksanaan musdesus penetapan hasil pemutakhiran data SDGs desa ialah untuk memperoleh data yang valid, objektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.
“Dengan demikian data tersebut dapat digunakan sebagai dasar dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa,” ujar Khairullah.
Selain itu, Khairullah mengatakan pemutakhiran data berbasis SDGs desa merupakan program yang dicanangkan oleh Kemendes PDTT sesuai dengan Permen desa PDTT Nomor 21 Tahun 2020. Hal ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data.
“Pemutakhiran data telah berlangsung sejak 1 Maret 2021 dan berakhir pada 31 Mei 2021 lalu. Pemutakhiran data berbasis SDGs desa ini merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detail dan lebih mikro. Dengan begitu, upaya ini dapat memberikan informasi lebih banyak dan sebagai proses perbaikan karena berisi data pada tingkat RT, keluarga, dan individu,” tandasnya. (eggy/esn)
BACA :  Sat Intelkam Polres Pesawaran Monitoring Profil Balon Kades