Pemdes Gedung Dalom Dukung Penuh Program DeDi-DeWi

18
Jailani - Kepala Desa Gedung Dalom
WAY LIMA – Mendukung penuh visi misi Bupati Pesawaran melalui program desa digital (DeDi) dan desa wisata (DeWi), pemerintah Desa Gedung Dalom, Kecamatan Way Lima mempersiapkan sanggar seni budaya lampung.
“Saya berterimakasih kepada pemerintah daerah terutama pak Bupati karena dengan adanya wacana program Dedi Dewi tahun 2021, Pemerintah Desa Gedung Dalom kami akan mendorong kegiatan seni dan budaya, terutama kami prioritaskan kegiatan untuk pemuda melalui sanggar seni budaya,” ujar Kepala Desa Gedung Dalom, Jailani saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/2).
Jailani mengatakan, mulai berkurang nya minat dari kaum pemuda dalam melestarikan seni budaya lampung menjadi tujuan program kegiatan seni budaya seperti tari adat lampung, butabuh lampung dan pincak khakot untuk menghidupkan kembali adat istiadat Lampung yang harus terus dilestarikan khususnya bagi kaum pemuda.
“Selain kegiatan sanggar seni budaya terdapat juga rumah adat di dusun 1 yang akan kami siapkan dengan memasangan plang rumah adat tersebut untuk mendorong program DeDi DeWi. Selain itu ada juga tempat wisata kolam renang WLC, dan kami sudah berkoordinasi dengan pemiliknya. Alhamdulillah beliau siap untuk bersinergi mendorong visi misi Bupati Pesawaran melalui program Dedi dan Dewi,” paparnya.
Selain itu, Jailani mengatakan bahwa program kegiatan sanggar seni budaya tersebut akan ditopang oleh kelompok pemuda karang taruna dan tokoh adat Desa Gedung Dalom. Dan sebagai sarana promosi, pemerintah desa akan memanfaatkan media sosial maupun website resmi desa untuk memperkenalkan adat budaya lampung dan memikat pengunjung dari luar daerah untuk berkunjung ke Desa Gedung Dalom.
“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan dinas terkait dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Mereka merespon positif dengan kegiatan yang dicanangkan oleh desa, diharapkan dengan adanya program Dedi Dewi bisa segera terealisasi dan meningkatkan sinergitas antara pemerintah daerah dan pemerintah desa supaya masyarakat juga dapat merasakan manfaat dari program DeDi dan DeWi tersebut,” tandasnya. (eggy/esn)
BACA :  Desa Padangmanis Diresmikan Jadi Kampung Tangguh Nusantara