Pemdes Kebut Penyusunan Berkas Balon Pengurus BPD Baru

40
Shofyan – Staff Kecamatan Candipuro bersama Kades Sinarpalembang Sukoco, sedang mengevaluasi kelangkapan berkas balon pengurus BPD, sebelum di sampaikan ke Kecamatan dan Pemkab Lamsel, di kediaman Kepala Desa setempat, senin (14/9).

CANDIPURO – Sejak dikeluarkanya surat keputusan pemberhentian tujuh personil Badan Permusyawarah Desa (BPD) Sinarpalembang, Kecamatan Candipuro oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, tertanggal 8 September tahun 2020 lalu, struktural kepengurusan BPD mengalami kekosongan jabatan.

Demi mengoptimalkan tata kelola pemerintahan di desa tersebut, Pemdes Sinarpalembang telah merampungkan proses pemilihan bakal calon kepengurusan baru untuk melanjutkan tugas dan fungsi kepengurusan BPD Sinarpalembang.

Sembilan orang bakal calon (Balon) kepengurusan BPD yang baru perwakilan dari masing-masing Rukun Tetangga (RT), 7 orang dipastikan mendapat rekomendasi. Setelah, menempuh proses demokrasi ditingkat desa melibatkan unsur terkait dan sesuai peraturan yang berlaku.

Kepala Desa Sinarpalembang Sukoco mengatakan, setelah menerima surat pemberhentian 7 personil BPD Sinarpalembang oleh Pemkab Lamsel beberapa waktu lalu, terjadi kekosongan jabatan kepengurusan.

“ Demi tata kelola pemerintahan berjalan optimal, satu hari setelah menerima surat pemberhentian personil BPD Sinarpalembang pada 8 September lalu oleh Pemkab Lamsel, kami langsung berkoordinasi bersama pihak Kecamatan dan langsung mengelar pembentukan panitia pemilihan BPD,” ungkapnya kepada Radar Lamsel, Senin (14/9).

Selama proses demokrasi berjalan, ada 7 orang balon kepengurusan BPD dari 9 kandidat dari perwakilan amsing-masing dusun dan RT dipastikan melenggang setelah mengantongi rekomendasi dalam proses pemilihan.

“ Ya, setelah melalui proses demokrasi ditingkat desa bersama unsur terkait sesuai peraturan yang berlaku, dari 9 balon kepengurusan BPD yang baru, 7 balon dipastikan mendapat rekomendasi setelah mengikuti proses pemilihan,” jelasnya.

Sejauh ini lanjutnya, pihaknya sedang berkoordinasi bersama unsur terkait di desa dan kecamatan, dalam penyusunan kelengkapan berkas 7 balon kepengurusan BPD.

“ Saat ini kami sedang menunggu kelangkapan berkas satu orang balon kepengurusan yang belum melengkapi berkas persyaratan. Untuk kemudian di serahkan kepada pihak kecamatan dan Pemkab Lamsel,” ujarnya.

Sementara, Staff Kecamatan Candipuro Sunardi mengatakan, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi bersama pihak Pemdes Sinarpalembang untuk mempercepat proses kelengkapan berkas para balon kepengurusan BPD Sinarpalembang terpilih.

“ Ya, saat ini, kami sendang membantu Pemdes Sinarpalembang, terkait penyusunan berkas para balon kepengurusan BPD. Sebab, secepatnya berkas ini harus sudah masuk ke kecamatan dan dilaporkan ke Pemkab Lamsel,” pungkasnya.(CW2)