Pemeriksaan Hewan Kurban Dimulai Pekan Depan

103
Kepala UPT Puskeswan Kecamatan Palas-Sragi, Wardi

PALAS – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Palas-Sragi akan memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan kurban mulai pekan depan.

          Kepala UPT Puskeswan Kecamatan Palas-Sragi, Wardi mengatakan, menjelang Hari Raya Idul yang jatuh pada 11 Agustus mendatang pemeriksaan hewan kurban akan dimulai pada Senin (5/8) pekan depan.

          “Pemeriksaan hewan kurban akan kita mulai pada pekan depan. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk mencegah hewan kurban terbebas dari penyakit,” kata Wardi kepada Radar Lamsel, Kamis (1/8).

          Wardi mengungkapkan, pemerikasaan ini akan diutamakan kepada pedagang hewan kurban di wilayah Palas dan Sragi. Ia juga menyebutkan hingga telah terdata 20 hewan kurban yang akan dilakukan pemerikasaan.

          “Pemeriksaan akan kita lakukan di sejumlah pedagang hewan kurban. Namun meski begitu kami juga akan tetap memberikan pelayan kepada masyarakat, jika ada ingin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban,” terangnya.

          Lebih lanjut Wardi menjelaskan, pemeriksaan kesehatan hewan ini merupakan pemeriksaan antermortem dimana pemeriksaan akan dilihat dari kesehatan fisik dan usia hewan kurban.

          “Pemeriksaan antermortem meliputi kesehatan fisik dan usia. Jika hewan kurban sudah dinyatakan sehat akan diberi surat keterangan sehat,” ungkapnya.

Sementara pemeriksaan postmortem atau pemeriksaan bagian dalam hewan kurban akan dilaksanakan pada saat penyembelihan. Ia berharap dengan adanya pelayanan kesehatan hewan ini akan meminimalisir hewan kurban yang terjangkit penyakit.

“Sedangkan pemeriksaan oragan dalam akan dilaksanakan pada penyembelihan hewan. Harapan kita dengan adanya pemeriksaan ini tidak ada hewan kurban yang terjangkit penyakit,” harapnya. (vid)