Pemilu di Lamsel Tertib, Aman dan Kondusif

451
Iwan J Sastra - Beginilah kesibukan yang terlihat di Posko Tim Pemantau Pemilu 2019 Kabupaten Lamsel, di Kantor Kesbangpol Lamsel, Rabu (17/4) kemarin.

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Lampung Selatan melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lamsel menyatakan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019  diseluruh wilayah Lampug Selatan berlangsung tertib, aman dan kondusif, Rabu (17/4) kemarin.

          Kepala Kantor Kesbangpol Lamsel M. Darmawan mengatakan, dari dimulainya pelaksanaan pemungutan suara pada pukul 08.00 WIB hingga penghitungan suara pada pukul 13.00 WIB, tidak ada satupun laporan yang masuk ke Kantor Kesbangpol terkait permasalahan yang terjadi di seluruh TPS diwilayah Kabupaten Lampung Selatan.

          “Alhamdulillah aman dan kondusif. Tidak ada satupun laporan yang kami terima dari masing-masing Tim Pemantau Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, yang melakukan pemantauan di 17 kecamatan dikabupaten ini,” ujar Darmawan kepada Radar Lamsel, saat ditemui di Posko Tim Pemantau Pemilu 2019 bertempat di Aula Kantor Kesbangpol Lamsel, kemarin.

BACA :  Rawan Berstatus Zona Merah

          Darmawan menjelaskan, keberadaan posko Pemilu 2019 di Lingkungan Pemkab Lamsel hanya sebatas untuk memantau pelaksanaan Pemilu 2019 diseluruh wilayah kabupaten Lampung Selatan. Dalam melakukan pematauan ke tiap-tiap kecamatan, lanjut Darmawan, pihaknya melibatkan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Lamsel berserta para camat.

          “Kita (pemkab Lamsel,  red) membentuk Posko Pemilu ini hanya untuk pemantauan saja, bukan untuk melakukan penghitungan suara atau lain sebagainya. Karena pemerintah kabupaten bukan selaku penyelenggara Pemilu. Intinya hanya untuk memantau situasi dan kondisi dimasing-masing wilayah yang menggelar pemungutan suara pada Pemilu 2019 ini,” pungkasnya.

BACA :  Tahun Depan LPJU Urusan Dishub

          Pantauan Radarlamsel, di Posko Tim Pemantau Pemilu 2019 Pemkab Lamsel, kemarin, tampak hadir Kepala Kesbangpol Provinsi Lampung Irwan dan Kepala Biro Keuangan Provinsi Lampung Minhairin yang juga melakukan pemantauan Pemilu 2019 diwilayah Kabupaten Lampung Selatan.

          “Tadi kami juga melaukan monitoring ke sejumlah TPS yang ada diwilayah di Lampung Selatan. Dan semua berjalan tertib, aman dan kondusif. Tidak ada satupun kami temukan kekacauan ataupun kerusuhan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini,” kata Minhairin, dengan singkat. (iwn)