Pemkab Beri Penyuluhan Kantibmas di Palas

213
David Zulkarnain – Penyuluhan Ketentraman dan Ketertiban Umum yang dilaksanakan oleh Setdakab Lampung Selatan, di Desa Sukamulya, Kecamatan Palas, Selasa (19/3).

PALAS – Pemerintah KabupatenLampung Selatan terus berupaya meningkatkan keamanan dan ketertiban mulai dari tingkat desa hingga kecamatan diwilayah Lampung Selatan.
          Salah satu upaya itu dibuktikan dengan memberikan penyuluhan terkait dengan ketentraman dan ketertiban umum kepada apartur desa dan Limnas di Desa Sukamulya, Kecamatan Palas, Selasa (19/3).

          Kasubag Trantibum Bagian Pemerintahan Setdakab Lampung Selatan Kartika Wardani mengatakan, penyuluhan ketentraman dan ketertiban umum ini menekan terjadinya konflik dilingkungan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini untuk mengembangkan kerjasama teknis dan operasional penyelenggaraan ketertiban umun dan ketentraman masyarakat.

          “Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Linmas tentang sistem pengamanan sebagai upaya pencegahan konflik yang terjadi dilingkungan masyarakat,” kata Kartika.

BACA :  Masuki Masa Kampanye, Foto Nanang Diturunkan

          Kartikan menerangkan, konflik yang terjadi dilingkungan masyarakat dapat ditimbulkan oleh berbagai hal. Salah satunya supremasi hukun yang tidak lagi berwibawa yang cenderung tidak memihak kepada rakyat justru juga bisa menggoyahkan ketentraman dan ketertiban masyarakat.

          “Bahkan kesenjangan budaya juga dapat menimbulkan konflik. Harapan kami dengan adanya penyuluhan tersebut dapat mencegah pergesekan yang ada di masyarakat. ” tuturnya.

          Sekretaris Kecamatan Palas Dermawan, S,E mengakui penyuluhan sangat penting diadakan di Kecamatan Palas, terlebih pada tahun politik saat ini.

          Dermawan juga mengharapkan kepada Kepala Desa untuk terjun langsung dalam mencegah permasalahan yang dapat menimbulkan konflik.

BACA :  Pasal Sampah, Pengurus Pasar jadi Cibiran

          “Tahun politik ini bukan tidak mungkin akan menimbulkan pergesekan antar masyarakat, dan itu harus kita cegah mulai dari sekarang. Dan juga untuk pemerintah desa dalam membuat kebijakan desa harus melalui musyawarah agar tidak terjadi ketimpangan,” papar Dermawan.

          Sementara itu, Danramil Kecamatan Palas Kapten Kuntoko yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengharapkan, dalam menjaga keamanan dan ketertiban desa diharapkan anggota Linmas dapat meningkatkan siskamling pada malam hari.

          “Untuk menjaga keamanan ditingkat desa, harapan kami kegiatan siskamling untuk mencegah untuk mencegah tindak kriminal yang dapat merugikan masyarakat,”harapnya.(vid)