Pemkab Ditantang Meraih WTP ke-IV dan ke-V

33
Diskominfo Lamsel – Plt. Bupati Lamsel, H. Nanang Ermanto, (kiri) menerima penghargaan WTP dari Kemenkau RI yang diserahkan oleh Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Perwakilan Provinsi Lampung, Sofandi Arifin, di ruang Bupati Lampung Selatan, Rabu (23/10/2019).

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dihadapkan dengan tantangan berat ihwal penyusunan dan penyajian laporan keuangan di tahun 2019 dan 2020 mendatang.

          Apabila pada tahun 2019 dan 2020 Pemkab Lamsel kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), otomatis Pemkab Lamsel menorehkan raihan prestisius WTP lima kali berturut-turut dan pemerintah pusat bakal memberikan plkat sebagai ganjaran atas torehan tersebut.

Sebab, baru-baru ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kembali menuai prestasi membanggakan. Pemerintah bumi Khagom Mufakat mencatat hat-trick penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Pemerintah Republik Indonesia (RI).

Penghargaan WTP berupa piagam dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati tersebut diberikan atas keberhasilan Pemkab Lampung Selatan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016, 2017, dan 2018 lalu.

BACA :  Lapas Kalianda Sediakan SDP Untuk Kunjungan Online

Penghargaan itu diserahkan Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Perwakilan Provinsi Lampung, Sofandi Arifin, kepada Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, di ruang Bupati Lampung Selatan, Rabu (23/10/2019). Pada kesempatan itu, Sofandi mengatakan bahwa WTP bukanlah suatu tujuan akhir keberhasilan bagi pemerintahan.

“Tapi ini merupakan sarana yang menunjukkan bahwa tata kelola keuangan Pemkab Lampung Selatan ini sudah baik,” ujarnya.

Menurutnya, perjalanan Pemkab Lamsel untuk meraih WTP tidak didapatkan dengan mudah. Banyak hal yang harus dilalui dalam proses penilaian tahapan panjang. Dalam konteks ini, Kabupaten Lampung Selatan dianggap telah menyusun dan menyajikan laporan keuangan dengan sebaik-baiknya sehingga berhasil meraih penghargaan itu.

Sofandi meminta Pemkab Lamsel bekerja maksimal dalam penyusunan laporan keuangan pada tahun 2019, dan 2020 mendatang. Jika hal ini bisa dilakukan, maka Pemkab Lamsel akan mendapat penghargaan prestisius berupa plakat dari pemerintah pusat.

BACA :  Tiga Kecamatan di Semprot Desinfektan 

“Harus dipertahankan, jangan hanya sesaat, tetapi ditahun-tahun berikutnya harus dipertahankan terus. Apabila bisa sampai lima kali berturut-turut, akan mendapat plakat dari pemerintah pusat,” kata dia.

Nanang Ermanto menilai perolehan opini WTP itu merupakan hasil kerja keras semua pihak. Politikus PDIP ini meminta raihan WTP kali ini bisa menjadi acuan bagi pihaknya untuk bekerja lebih baik lagi.

“Dan memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat Lampung Selatan. Penghargaan ini bukanlah suatu kebanggaan. Tetapi ini adalah tantangan kedepan agar kami bisa lebih baik lagi,” kata Nanang. (rnd)