Pemkab Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Pilkades Serentak

303

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Bagian Organisasi Daerah (Otda) menggelar sosialisasi tentang pemilihan kepala desa (Pilkades), di Aula Rajabasa, Kantor Bupati Lamsel, Senin (25/3) kemarin.

          Kegiatan sosialisasi yang diikuti peserta terdiri dari para kepala seksi pemerintahan kecamatan, Kepala Desa atau (Pj Kades), Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), serta panitia pilkades dari 4 kecamatan di kabupaten ini dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Lampung Selatan Supriyanto, mewakili Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto.

BACA :  Ranperda KLA Disahkan

          Dalam sambutan bupati yang dibacakan Supriyanto menyampaikan, pemerintah daerah menyambut baik dan mendukung kegiatan sosialisasi tentang penyelenggaraan pilkades di Lampung Selatan. “Harapannya melalui sosialisasi yang dilaksnakan, para kepala desa dapat meningkatkan kapasitas keilmuan mengenai berbagai regulasi terkait dengan pemilihan kepala desa,” kata Supriyanto.

          Dijelaskannya, pemilihan kepala desa merupakan salah satu momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat, dan konsolidasi demokrasi. Sebab masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa sesuai kebutuhan masyarakat. 

BACA :  ’Miskoordinasi’ KPU - Disdukcapil

          “Kedudukan kepala desa sebagai pimpinan penyelenggaraan pemerintahan desa diharapkan menjadi figur yang peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di masyarakat, sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, saya berharap dalam setiap tahapan pemilihan kepala desa mulai dari tahapan persiapan, pendaftaran pemilih, pencalonan, pemungutan suara dan penetapan, semua tahapan tersebut diharapkan bisa dilaksanakan dengan tertib dan lancar,” harapnya. (iwn)