Pemkab Pesawaran Alihkan Anggaran Untuk Tangani Corona

89
ILUSTRASI
GEDONGTATAAN – Pemerintah Kabupaten Pesawaran memangkas anggaran yang tidak perlu untuk menaikkan dana penanganan virus Corona atau Covid-19. Hal ini ditegaskan Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa, Selasa (31/3).
Kesuma Dewangsa mengatakan, sebelumnya Pemkab Pesawaran mengalokasikan dana sebesar Rp. 4 miliar untuk melakukan penanganan wabah corona, namun kini bertambah menjadi Rp. 5,2 miliar.
“Sebelumnya persiapan dana yang kita himpun, berasal dari DAK, DID maupun BOK sejumlah Rp. 4 miliar, namun akan terus bertambah menyusul dengan beberapa pergeseran anggaran. Kita juga melakukan pemangkasan dana yang tidak digunakan akibat virus corona, yakni dana perjalanan luar daerah, dana rapat, maupun dana makanan dan minuman,” terang Kesuma.
Kesuma menambahkan, bahwa pemerintah daerah sedang melakukan persiapan menyusul dengan hasil rapat nasional tentang karantina wilayah terkait pandemi virus Corona.
“Melihat hasil rapat Nasional kemarin (Senin, 30/3), kebijakan karantina yang akan diambil disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing masing. Kita hari ini sedang menyiapkan perencanaan terkait karantina wilayah seperti apa yang akan diterapkan sampai Perpu dikeluarkan secara resmi,” imbuhnya.
Kesuma melanjutkan, penerapan karantina wilayah akan dirumuskan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran bersama Forkopimda pada pertemuan yang akan datang.
“Walaupun Perppu-nya belum keluar, kita tetap mengantisipasi hal yang akan terjadi dengan melakukan persiapan untuk karantina wilayah. Karena karantina wilayah berdampak sangat besar sehingga kita harus merumuskan perencanaan karantina wilayah seperti apa yang akan diterapkan. Terlebih kita harus memperhitungkan mengenai dampak terhadap masyarakat baik segi ekonomi maupun hal yang lain,” tutupnya. (arl/esn)