Pemkab Pesawaran Distribusikan Bibit Kebun Kakao Enteris

23
Gambar Ilustrasi
GEDONGTATAAN – Pemerintah Kabupaten Pesawaran akan mendistribusikan bibit kakao seluas 7 hektar untuk 7 dari 11 kecamatan di kabupaten setempat. Kebun kakao seluas 7 hektar tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan kebun kakao enteris.
 
Kepala Bidang Perkebunan Slamet mengatakan saat ini pihaknya tengah meminta kelompok tani yang mendapat bantuan bibit kakao untuk menyiapkan media tanam di perkebunan mereka.
 
“Total seluas 7 hektar untuk 7 kecamatan. Nantinya kedepan dipersiapkan untuk sumber enteris yang akan diambil pucuknya,” ungkap Slamet mewakili Kepala Dinas Pertanian Pesawaran, Anca Martha Utama.N beberapa waktu lalu.
 
Menurutnya, bantuan bibit kakao untuk masing-masing kecamatan ditanam dilahan seluas satu hektar dalam satu hamparan. Dimana 7 kecamatan tersebut yakni Kecamatan Negerikaton, Gedongtataan, Way Lima, Kedondong, Way Khilau, Padangcermin dan Punduhpedada.
 
“Kurang lebih tiga tahun kedepan kakao bisa dijadikan enteris untuk diambil pucuknya,” ucapnya.
 
Sebagai kabupaten yang memiliki komiditi unggulan kakao, lanjutnya pihaknya telah memetakan lahan-lahan kakao yang tidak produktif untuk diremajakan dan menjadikan lahan enteris di 11 kecamatan.
 
“Sesuai visi misi Bupati menunjang komoditi coklat. Strategi kita untuk mewujudkan visi misi itu akan meremajakan lahan coklat yang rusak dan menyiapkan lahan enteris di 7 kecamatan. Karena  kecamatan lainnya sudah ada,” pungkasnya. (Esn)
BACA :  Satlantas Polres Pesawaran Lakukan Asistensi Kampung Tertib Lalu Lintas
BAGIKAN