Pemkab Pesawaran Kembangkan Destinasi Wisata Desa

312
Foto Ilustrasi Berita Desa Wisata
GEDONGTATAAN – Melalui program One Village One Destination (Satu Desa Satu Destinasi), Pemerintah Kabupaten Pesawaran terus berupaya mengembangkan desa-desa di Pesawaran untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. 
 
Kepala Bidang Destinasi dan Industri, Yudiana mengatakan, dari 148 desa di Pesawaran saat ini sudah 45 desa yang telah mengembangkan destinasi wisata. Seperti Desa Sungai Langka kecamatan Gedogtataan terdapat agrowisata;  Desa Pekon Ampai Kecamatan Margapunduh dengan destinasi budaya rumah adat; Desa Negerikaton Kecamatan sebagai desa budaya dan sulam tapis; Desa Muncak Kecamatan Teluk Pandan memiliki teropong laut; Desa Gunungrejo Kecamatan Way Ratai memiliki destinasi wisata air terjun dan agrowisata dan destinasi lainnya 
 
“Semangatnya dari 148 desa ditarget memiliki destinasi wisata. Dan tentunya untuk mewujudkan hal itu, semua OPD, kecamatan dan desa saling bersinergi,” ungkap Yudiana pekan lalu.
 
Dikatakan, saat ini pemerintah Pesawaran terus mendorong agar desa-desa di kabupaten setempat mempunyai keunggulan masing-masing. Baik budaya, kerajinan, agrowisata, air terjun dan potensi lainnya yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata baru yang dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat di desa destinasi tersebut 
 
“Dari 45 desa yang sudah memiliki destinasi wisata tersebut akan diambil atau akan dipilih16 desa yang berdaya saing dengan destinasi unggulannya,” ucapnya 
 
Sehingga, ke 45 desa tersebut dengan dukungan pemerintah kecamatan dan kabupaten terus berlomba  mengembangkan destinasi yang dimiliki. Dimana nantinya setelah terpilih 16 besar, pemerintah kabupaten pesawaran akan mempromosikan 16 desa tersebut dalam suatu even baik skala provinsi maupun nasional.
 
“Even tersebut bisa divariasikan menurut objek dan potensi yang desa miliki. Bisa kekayaan alam, budaya dan kerajinan serta even lainnya,” ujarnya.
 
Program yang ada di seluruh OPD khsususnya di Dinas Pariwisata lanjut Yudiana akan di stimulan dengan Rencana Kerja Desa (RKDes) untuk membuat even. Dengan tujuan agar perputaran ekonomi di desa destinasi dapat berjalan. Dengan tujuan akhir agar destinasi desa tersebut dapat dikenal tidak hanya di Pesawaran atau Lampung saja melainkan dikenal di tingkat nasional.
 
“Muaranya tidak hanya menarik kunjungan wisatawan nusantara melainkan wisatawan manca negara (Wisman). Makanya kita bersama desa yang memiliki destinasi akan menggelar even dalam rangka promosi,” paparnya.
 
Terpisah, Kepala Bagian Bina Potensi Daerah (Bipotda) Anggun menambahkan bahwa pihaknya bersinergi dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk mempromosikan 45 desa yang telah mengembangkan destinasi wisata unggulan berbasis kearifan lokal.
 
“Agar selaras, kita bantu untuk promosinya melalui medsos baik istagram, facebook, website pemda dan lainnya. Dengan tujuan agar masyarakat tidak hanya Pesawaran melainkan provinsi dan nasional mengenal dan berminat mengunjungi destinasi wisata yang ada di desa-desa di Pesawaran,” singkatnya. (Esn)
 
BACA :  Seluruh Elemen Masyarakat Bahu Membahu Lawan Corona