Pemkab Pesawaran Peringati Harganas ke-27

89
Ketua TP PKK Pesawaran Ny. Nanda Indira Dendi disaksikan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melakukan pemotongan tumpang dalam acara peringatan Harganas ke-27.
TELUKPANDAN – Pemerintah Kabupaten Pesawaran menghelat peringatan Hari Keluarga Nasional ke-27 (Harganas) Tahun 2020 yang di pusatkan di Sanggar Mangliawan Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Senin (28/06).
Kegiatan ini dilakukan secara serentak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan diantaranya, social distancing, menggunakan masker dan cek suhu badan, serta penggunaan handsanitizer.
“Walaupun kita melaksanakan kegiatan ini (Harganas, red) dengan suasana yang sangat sederhana, namun intinya adalah makna dari kegiatan ini. Sebab, harta yang paling berhargnya adalah keluarga,” ujar Ketua TP. PKK Pesawaran, Ny. Nanda Indira Dendi.
Sementara, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan,
pada Perayaan Harganas Ke-27 tahun ini membawa situasi lain dari kondisi normal sebelumnya akibat adanya pandemi Covid-19.
“Tidak ada guna banyak harta, banyak mobil dan rumah bagus kalau keluarga tidak dinomor satukan. Sebab, benar apa yang disampaikan Ketua TP PKK, bahwa  harta yang paling berharga adalah keluarga,” kata Dendi.
Dendi menambahkan di saat seperti saat ini peran keluarga sangat di butuhkan. Dan selaku Ketua Tim Gugus Percepatan Penangann Covid-19 dirinya meminta agar semua warga menerapkan management krisis mulai dari tingkat desa dan kecamatan.
“Situasi seperti ini, keluarga juga harus dapat memenejemen krisis, selaku Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19, saya meminta terapkan manajemen krisis ditingkat desa dan kecamatan,” imbuhnya.
Lebih lanjut Dendi menjelaskan, meski sudah ada kelonggaran dan di cabutnya maklumat Kapolri,  namun masih ada Peraturan Bupati (Perbup) dan Peraturan Desa (Perdes) yang mengatur protokol kesehatan guna memutus  mata  rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di Bumi Andan Jejama.
Dilain pihak, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Pesawaran Maisuri menyampaikan, bahwa Dinas PPKB melaksanakan secara serentak pelayanan KB gratir dengan target pemasangan 1.890 akseptor yang dilaksanakan secara serentak di 52 fasilitas kesehatan di Kabupaten Pesawaran yang merupakan rangkaian memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVII dengan menargetkan satu juta akseptor seluruh nasional.
“Ada tiga agenda rangkaian peringatan Harganas ke XXVII, yakni potong tumpeng, doa bersama dan pelayanan KB gratis,” ungkap Maisuri.
Dikatakan, pelayanan KB gratis yang akan digelar tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan. Dimana hingga saat ini para pendaftar yang sudah masuk mencapai sekitar 4.306 lebih.
“Ada beberapa pelayanan KB,mulai dari pemasangan implan, suntik, pil, IUD dan kondom. Dan pelayanan KB yang diberikan gratis,” ucapnya.
Menurut Maisuri, untuk menyukseskan kegiatan pelayanan KB gratis tersebut pihaknya melibatkan pihak terkait seperti IBI, IDI dan petugas akseptor. Dimana ada sekitar 50 PLKB dan bidan serta dokter akan dikerahkan untuk memberikan pelayanan KB gratis tersebut
“Untuk kegiatan simbolis dilakukan di Puskesmas Hanura, Kecamatan Teluk Pandan. Kalaupun dari sekitar 4.306 belum dapat terlayani, secara kontinyu akan terus dilanjutkan dihari berikutnya,” pungkasnya.
Diketahui, selain dihadiri Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan Ketua TP PKK Pesawaran, Ny. Nanda Indira Dendi, pada peringatan Harganas ke-27 tersebut juga dihadiri Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, Ketua PN Gedong Tataan Rio Destrado, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, Dandim 0421-LS Lampung Selatan, Personil Brigif Marinir Lampung, Ketua MUI Kabupaten Pesawaran, dan para Kepala OPD Kabupaten Pesawaran. (cw1/esn)
BACA :  Dendi Ramadhona Letakan Batu Pertama Pembangunan Mushola Nurul Iman