Pemkab Pesawaran Siapkan Rp2,4 Miliar

950
ILUSTRASI

Program Bedah Rumah 160 Unit

GEDONGTATAAN – Pemerintah Kabupaten Pesawaran luncurkan program bedah rumah bagi warga kurang mampu. Program pertama kalinya ini, Pemkab Pesawaran menyiapkan dana sebesar Rp2,4 Miliar yang bersumber dari APBD.

Program bedah rumah itu memiliki ketentuan dan kriteria yang sudah ditetapkan Pemkab setempat. Kriteria penerima bantuan bendah rumah itu diantaranya warga kurang mampu, memiliki rumah sendiri dan bersertifikat. Selanjutnya diajukan ke pemerintah kabupaten. Namun sebelum bantuan diusulkan, pemeirntah akan melakukan verifikasi di lapangan.

Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan  Kawasan Pemukiman, Zainal Fikri mengatakan, mekanisme dan ketentuan bantuan bedah rumah yang diberikan kepada warga kurang mampu sama dengan ketentuan bantuan bedah rumah yang bersumber dari dana APBN. Dimana masing-masing rumah akan diberikan bantuan senilai  Rp 15 juta.

“Iya, Pemkab Pesawaran akan memberikan bantuan bedah rumah yang sumber dananya dari APBD. Tapi, kalau yang dari APBN belum turun. Kalau mekanisme dari APBN berupa material, kami juga mengikuti pola dan kriteria APBN juga,” ungkap Zainal Fikri kemarin.

Untuk kriteria penerima bantuan, lanjut mantan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Pesawaran ini, diantaranta memiliki rumah sendiri dan bersertifikat. “Ada beberapa kriteria dan persyaratan bagi penerima bantuan. Tapi paling tidak minimal ada beberapa kriteria yang harus ada dicalon penerima sesuai kriteria yang telah ditetapkan sehingga layak diberi bantuan,”jelasnya.

Fikri menambahkan, program bantuan bedah rumah yang diperuntukkan bagi 160 unit ini sejalan dengan visi misi bupati Pesawaran untuk menyejahterakan masyarakat Pesawaran. Dimana, bantuan bedah rumah ini merupakan program yang baru dianggarkan pada tahun ini.

“Jadi total anggarannya sekitar Rp2,4 Miliar untuk bantuan bedah rumah ini. Dan ini program pertama kalinya. Karena tahun sebelumnya belum ada program ini khususnya yang dibiayai dari APBD,”pungkasnya. (esn)