Pemkab Pesawaran Targetkan Penyaluran BLT-DD Rampung Akhir Juni

27
Foto Ilustrasi BLT DD
GEDONGTATAAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran menargetkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bagi sekitar 17.000 lebih penerima di 144 desa rampung akhir Juni ini.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Pesawaran Zuriadi melalui Kepala Bidang Keuangan Aset dan Pembangunan Desa Dinas PMD Pesawaran Al Ihsan Iskafi mengatakan bahwa saat ini sudah 100 desa lebih yang telah menyalurkan BLT DD.
“Paling tidak ditargetkan penyaluran BLT DD selesai akhir bulan ini,” ungkap Al Ihsan Iskafi, kemarin.
Dikatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK-07/2020 tentang perubahan kedua atas PMK nomor 205/PMK-07/2019 tentang pengelolaan dana desa menyatakan bahwa penyaluran dana desa 40 persen tahap dua dibagi dalam beberapa tahapan yakni 15 persen tahap pertama,15 persen tahap kedua dan 10 persen tahap ketiga
“Nah,15 persen dari 40 persen DD tahap kedua dicairkan lebih awal pada masa pandemi corona ini salah satunya untuk BLT DD,” ucapnya.
Menurut Iskafi, penerima BLT DD diberikan bantuan sebesar Rp 600 ribu perbulan yang diberikan selama 3 bulan yakni Maret, April dan Mei. Dan bagi desa yang  telah menyalurkan BLT DD, aparat desa bisa mengajukan pencairan 15 persen tahap kedua pada tahap kedua ini.
“Mekanisme pencairan DD, 40 persen tahap Pertama, 40 persen tahap kedua dan 20 persen tahap ketiga. Nah, berdarkan PMK tersebut, penyaluran 40 persen DD tahap dua disalurkan dalam tiga kali. Bagi desa yang sudah menyalurkan  BLT DD, mereka bisa segera mengajukan pencairan kedua atau 15 persennya lagi untuk penanganan pandemi covid-19. Insya Allah Minggu depan sebagian besar desa sudah bisa dicairkan,” pungkasnya. (esn)
BACA :  KPU Pesawaran Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020