Pemkab Pesawaran Terus Kembangkan Potensi Desa Wisata

28
ILUSTRASI

GEDONGTATAAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran terus mengembangkan desa-desa yang memiliki potensi destinasi wisata. Tercatat, dari 148 desa saat ini, sebanyak 50 desa yang sudah memiliki destinasi wisata.

“Dari 50 desa itu, yang sudah benar benar memenuhi persyaratan sebagai destinasi wisata sebanyak 25 desa,” ungkap Kepala Bidang Destinasi, Yudiana mewakili Kepala Dinas Pariwisata, Elsyafri Fahrizal, Sabtu (19/8).
Dikatakan, dari segi infrastruktur, sarana prasarana pendukung dan fasilitas, telah dimiliki 25 desa dengan berbagai destinasi wisata. Seperti Argrowisata di Desa Sungai Langka, Air Terjun Desa Wiyono, Agro wisata Desa Bernung, Air Terjun Desa Bogorejo, Budaya dan Agrowisata Desa Kedondong, Budaya rumah adat Desa Pekon Ampai dan desa-desa lainnya.
“Kita bersama OPD terkait bergotong-royong saling bersinergi untuk membangun destinasi-destinasi wisata di desa. Termasuk melibatkan unsur desa melalui BUMDes serta Pokdarwis,” ucapnya.
Menurutnya, Pokdarwis merupakan komponen dasar dalam pengelolaan wisata di desa. Sehingga diharapkan kedepan desa yang sudah memiliki destinasi wisata menjadi desa mandiri. Yang muaranya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa dan peningkatan Pendapatan Asli Desa.
” Kedepan akan ada MoU dengan desa untuk sharing PAD bagi pemda. Namun saat ini pemda masih mendorong agar desa tersebut mandiri,” pungkasnya. (esn)
BACA :  Satlantas Polres Pesawaran Siapkan Skenario Atasi Kemacetan Jalur Wisata