Pemkab Pesawaran Usulkan 12 Produk Hukum

280
Foto Ilustrasi

GEDONGTATAAN – Sebanyak 12 produk hukum akan diusulkan melalui program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) Pesawaran 2019. Empat di antaranya raperda inisiatif DPRD, yaitu raperda tentang APBD dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Kabupaten Pesawaran Susi Patminingtyas mengatakan, pihaknya akan menggelar rapat bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, Rabu (9/1).

”Besok kita akan rapat terlebih dahulu untuk menjelaskan mekanisme tahapan penyusunan draft raperda. Kita berharap, Januari ini tahapan penyusunan raperda sudah dimulai,” kata Susi Patminingtyas, Selasa (8/1).

Dilanjutkan, 12 usulan itu adalah raperda tentang Kabupaten Layak Anak, raperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, raperda tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga dan raperda tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Kemudian usulan raperda tentang Pedoman Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah, raperda tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman di Pesawaran, raperda tentang Penyelenggaraan Kerjasama Daerah, raperda tentang Pengelolaan dan Pengendalian Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Pesawaran serta raperda tentang Standar Pelayanan Kesehatan Masyarakat. (Rus)