Pemkab Segera Bentuk DESK Pilkada

700

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan segera membentuk tim koordinasi (DESK) dalam rangka menghadapi pilkada 2015.
Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lamsel Indra Sunandar menegaskan, semestinya rapat pembentukan DESK digelar , Selasa (24/11) hari ini (kemarin’red). Namun, karena jadwal agenda kegiatan yang cukup padat, pembentukan DESK ditunda hingga waktu yang tidak dtentukan.
“Yang jelas, dalam waktu dekat akan segera dibentuk. Sebenarnya dijadwalkan hari ini, tetapi karena padat agenda, rapat kita diundur,”ungkap Indra saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.
Dia menjelaskan, tujuan dibentuknya DESK ini adalah untuk memantau dan melihat jalannya pilkada yang akan digelar serentak pada 9 Desember, mendatang. Supaya, pelaksanaan pilkada di tingkat Kabupaten Lamsel bisa berjalan dengan tertib dan lancar.
“Pemkab memiliki kewenangan untuk mensukseskan jalannya pilkada. DESK inilah nanti yang akan mengawal jalannya pilkada. Misalnya ada suatu kejadian darurat yang menyebabkan pendistribusian surat suara terhambah, pemerintah melalui tim DESK ini yang harus mencari jalan keluarnya,”terangnya.
Tim DESK pilkada Lamsel, lanjutnya, akan mencakup seluruh kecamatan hingga ke desa-desa untuk memantau jalannya pilkada. Posko DESK, akan berada di kantor Kesbangpol Lamsel sebagai posko utama.
“Di posko nanti juga akan dilakukan penghitungan cepat. Tetapi, bukan untuk konsumsi umum. Pemkab hanya sebatas mengetahui sebagai data saja. Yang berhak mengeluarkan hasil pilkada adalah dari penyelenggara, yakni KPU,”pungkasnya. (idh)

BACA :  PPK dan PPS Dinonaktifkan, Honor Maret Tetap Cair