TEGINENENG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi akan melakukan MoU dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyalurkan komoditas cabai merah keriting yang ada di Provinsi Lampung.

Arinal mengatakan, bahwa Provinsi Lampung memilikii potensi yang tinggi sebagai penghasil cabai keriting, dimana salah satunya adalah Kabupaten Pesawaran yang merupakan kabupaten dengan penghasil cabai keriting yang berkualitas.

” Desa Trimulyo ini merupakan daerah penghasil cabai keriting berkualitas, sehingga kita akan menunjukkan eksistensi kepada pemerintah DKI Jakarta kalau cabai keriting yang ada di Lampung bisa menopang kebutuhan yang ada dengan kualitas yang baik dan harga yang bersaing,” ujar Arinal dalam kunjunganya di lahan cabai Desa Trimulyo, Kecamatan Tegineneng, Selasa (18/2).

Sementara, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menegaskan, bahwa stok cabai yang ada di Kabupaten Pesawaran lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan diwilayah Pesawaran sendiri.

” Sebanyak 5.420 ton cabai merah kriting dihasilkan oleh 600 hektar lahan yang ada di Kabupaten Pesawaran. Dari 600 hektar lahan tersebut, 400 hektar ada di Kecamatan Tegineneng saja. Dapat dikatakan bahwa Kecamatan Tegineneng merupakan daerah penghasil cabai merah keriting, terutama di Desa Trimulyo,” ungkapnya.

Dendi menambahkan, Kabupaten Pesawaran memiliki kelebihan produksi cabai merah keriting sehingga kesulitan untuk pemasarannya.

” Kerena hal tersebut, kita memberikan solusi dengan dibuatnya “Pasar Lelang”. Dimana pembeli dapat langsung berhubungan dengan petani. Apalagi jika cabai keriting ini bisa difasilitasi untuk masuk ke DKI Jakarta. Cukup dengan harga Rp. 50 ribu saja, petani sudah sejahtera. Karena untuk saat ini harga dipasar Induk Jakarta mencapai Rp 90 ribu/kilogram,” tutup Dendi.

Dilain pihak, Camat Tegineneng Syahrudin berharap dengan adanya kunjungan Gubernur Lampung Arinal Djunaedi tersebut dapat memotivasi warga setempat untuk meningkatkan kualitas dan hasil panen cabai merah keriting.

” Dengan adanya kunjungan bapak gubernur ini saya berharap bisa memotivasi petani agar bisa meningkatkan kualitas dan hasil panen cabai merah keriting yang merupakan salah satu komoditi unggulan yang ada di Kabupaten Pesawaran,” harapnya. (arl/esn)