“Pemuda Maju, Olahraga Jaya”

182

GEDONGTATAAN – Dalam rangka mendukung visi dan misi Kabupaten Pesawaran tahun 2016-2021 yaitu “Bersama Masyarakat Pesawaran mewujudkan Cita-Cita Luhur, Mewujudkan Kabupaten Pesawaran yang Maju, Makmur dan Sejahtera, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pesawaran terus berupaya untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, terpercaya, dan melayani serta mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Kreatif serta Memperkuat Perekonomian Daerah.

Berikut arah kebijakan dalam rangka menciptakan pemerintahan yang bersih, profesional dan akuntabel, meningkatkan peran serta pemuda dalam pembangunan daerah melalui perkuatan kelembagaan dan organisasi kepemudaan, dan Meningkatkan pembinaan dan pemasyarakatan olahraga.

Bidang Kepemudaan :

Pembangunan kepemudaan di Kabupaten Pesawaran dilakukan melalui proses fasilitasi segala hal yang berkaitan dengan pelayanan kepemudaan, menitikberatkan kepada proses penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan kepemudaan. Pengembangan kepemudaan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan pemuda, sehingga pada gilirannya dapat melahirkan pemuda yang maju yakni pemuda yang berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing.

Berbagai upaya pelayanan kepemudaan yang telah dilakukan pada periode tahun 2016-2019, telah memberikan landasan untuk memperkukuh karakter dan jati diri pemuda, serta meningkatkan partisipasi dan peran aktif pemuda dalam pembangunan. Beberapa program dan kegiatan pelayanan kepemudaan yang dilakukan antara lain:

a. Penyadaran Pemuda

Penyadaran pemuda adalah kegiatan yang diarahkan untuk memahami dan menyikapi perubahan lingkungan. Dalam penyadaran kader pemuda, Dispora Kabupaten Pesawaran telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan, yaitu fasilitasi peningkatan wawasan kebangsaan, lingkungan hidup, dan fasilitasi peningkatan pendidikan kepramukaan. Kegiatan penyadaran kader pemuda dari tahun 2016-2019 telah memiliki aspek keluaran (output) yakni : (a) Pelatihan Pemuda Tanggap Bencana (2016); (b) Paskibraka Tingkat Kabupaten dan Tingkat Provinsi Lampung (2016-2019); (c) Aksi Bhakti Sosial Kepemudaan; (d) Fasilitasi kegiatan dan pendidikan kepramukaan Pesawaran (2016-2019), Pemecahan Rekor MURI Pionering menggunakan tongkat terbanyak (2016), dan Rekor MURI kemah Apung di tengah laut (2019);

b. Pemberdayaan Pemuda

Pemberdayaan pemuda adalah kegiatan membangkitkan potensi dan peran aktif pemuda. Pemuda diharapkan berdaya dengan segenap potensinya.Talenta dan bakat pemuda-pemuda di berbagai bidang seni, Iptek, dan lain-lain cukup besar, dimana diharapkan Pemkab Pesawaran melalui Dispora dapat memfasilitasi potensi-potensi tersebut, sehingga para pemuda kita dapat memberdayakan diri sendiri berbasiskan potensinya tersebut.

Pemberdayaan Pemuda dilaksanakan secara terencana, sistematis dan berkelanjutan untuk meningkatkan potensi dan kualitas jasmani, mental spiritual, pengetahuan serta keterampilan diri dan organisasi menuju kemandirian pemuda. Pemberdayaan pemuda dilaksanakan dengan melibatkan partisipasi masyarakat, dan stakeholder kepemudaan lainnya.

BACA :  Team Tekab 308 Polsek Gedongtataan Kembali Amankan 2 Pelaku Curat

Dalam Pemberdayaan kader pemuda, Dispora Kabupaten Pesawaran telah melaksanakan berbagai programnya meliputi, yaitu: (a) fasilitasi peningkatan kapasitas di bidang iptek, iman dan taqwa, seni dan budaya; dan (b) fasilitasi pemberdayaan organisasi kepemudaan; Kegiatan Pemberdayaan kader pemuda dari tahun 2016- 2019 telah memiliki aspek keluaran (output) yakni (a) Pelatihan manajemen organisasi keagamaan Remaja Islam Masjid; (b) Pelatihan pengembangan Konten Positif melalui media sosial; (c) Pelatihan Kader Penanggulangan Narkoba; (d) Fasilitasi Musyawarah Pemuda (KNPI) dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Pesawaran.

c. Pengembangan Pemuda

Dalam pengembangan pemuda sebagaimana diamanatkan UU Nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan terdapat tiga hal yakni, pertama, Pengembangan kepemimpinan pemuda adalah kegiatan mengembangkan potensi keteladanan, keberpengaruhan, serta penggerakan pemuda. Kedua, Pengembangan kewirausahaan pemuda adalah kegiatan mengembangkan potensi keterampilan dan kemandirian berusaha; Ketiga, Pengembangan kepeloporan pemuda adalah kegiatan mengembangkan potensi dalam merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan, dan memberikan jalan keluar atas pelbagai masalah.

Pengembangan Kepemimpinan yang telah dilaksanakan Dispora Kabupaten Pesawaran, yaitu: (a) Pelatihan kepemimpinan pemuda; (b) Pelatihan kewirausahaan pemuda Kuliner di Tegineneng, pembuatan souvenir di Pulau Pahawang; (c) Bantuan Pelaratan Wirausaha Muda bagi Kelompok Usaha Pemuda Produktif (KUPP) di desa Bumi Agung Kecamatan Tegineneng, desa Pulau Pahawang Kec. Marga Punduh, Desa Batu Menyan dan Desa Hanura Kec. Teluk Pandan, Peralatan Sablon Pramuka Padang Cermin; Peralatan Budidaya Jamur Ciringin Asri dan Peralatan Handycraft Desa Mulyosari Kec. Way Ratai, Peralatan Handicraft Desa Sukaraja dan Desa Bagelen Kec. Gedongtataan; Peralatan Budidaya Lebah Madu Desa Pesawaran dan Peralatan Handycraft Desa Sinar Harapan Kec. Kedondong, dan Peralatan Handycraft Desa Lumbir Rejo Kec. Negeri Katon; Pameran Wirausaha Muda, dan Seminar Memanfaatkan Pelung Bisnis di era digital bagi milenial melalui pendayagunaan media sosial; serta terbitnya Peraturan Bupati Pesawaran No. 61/2016 tentang Pengembangan Kemitraan Wirausaha Muda di Kabupaten Pesawaran; (d) Juara III Pemuda Pelopor Tingkat Nasional atas nama Suhendi dari desa Pulau Pahawang bidang Pegelolaan SDA (2016) dan Juara II Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Teknologi Inovasi an. Galih Dwi Prasetyo dari Desa Maja Kecamatan Marga Punduh.

Bidang Olahraga

Dalam rangka mendukung Visi Kabupaten Pesawaran Tahun 2016-2021, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesawaran mempunyai tujuan dan sasaran terkait dengan Keolahragaan adalah Meningkatkan kebugaran masyarakat dan prestasi olahraga Kabupaten Pesawaran, dengan

BACA :  297 Hektar Sawah 3 Kecamatan Terendam Air

Sasarannya, yaitu (a) meningkatnya pemberdayaan dan pemasyarakatan olahraga; (b) meningkatnya kebugaran jasmani masyarakat; dan meningkatnya pembinaan dan pengembangan olahraga.

Dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasioanal, dijelaskan bahwa Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk melakukan kegiatan olahraga, memperoleh pelayanan dalam kegiatan olahraga, memilih dan mengikuti jenis dan cabor yang sesuai bakat dan minatnya, memperoleh pengarahan, dukungan, bimbingan, pembinaan dan pengembangan dalam keolahragaan, menjadi pelaku olahraga dan mengembangkan industri olahraga. Dengan tujuan untuk memelihara, meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan nilai moral dan akhlak mulia, sportifitas, disiplin, mempererat dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, memperkukuh ketahanan nasional, serta mengangkat harkat, martabat dan kehormatan bangsa. Maka dengan undang-undang tersebut diatas, dengan ini Pemerintah Daerah bertanggungjawab untuk mewujudkan Penyelenggaraan Keolahragaan Nasional sesuai (pasal 15), yakni Pelayanan Keolahragaan yang meliputi Olahraga Pendidikan, Olahraga Rekreasi/Tradisional dan Olahraga Prestasi. Pada tahun 2016-2019 Pemberdayaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga dilaksanakan melalui 2 (dua) Program, yaitu Program Pembinaan dan Pemasyarakatan Olahraga dan Program Pengembangan Kebijakan dan Manajemen Olahraga kegiatan yang dilaksanakan pada kurun waktu 2016-2019 diantaranya :

a. Pesawaran menjadi tuan rumah Jambore Panjat Tebing Tingkat Nasional di Kec. Teluk Pandan (2016)

b. Pengiriman kontingen Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Provinsi Lampung di Bandar Lampung, meraih peringkat II dari 15 Kabupaten/Kota dengan perolehan medali :55 Emas, 43 Perak dan 69 Perunggu;

c. Fasilitasi perlombaan Drumband Tingkat Provinsi Lampung dan Tingkat Nasional, pada tahun 2017 meraih Peringkat II Nasional.

d. TOT Wasit/Juri Cabor Atletik dan Cabor Bolavoli;

e. Fasilitasi Kejurda Seleksi atlet Cabor FORKI, Pencak Silat, Cabor Atletik, Tarung Drajat, Cabor Taekwondo;

f. Pesawaran Beach Fan Run, Jalan Sehat dan Maraton;

g. Rehabilitasi Lapagan Sepak Bola Kecamata Negeri Katon;

h. Bantuan peralatan Cabor FORKI, Pencak Silat, Atletrik, Renang, Taekwondo, Renang, dan Panjat Tebing; Tenis Meja, Bola Kaki dan Bola Voli.

i. Fasilitasi Bantuan Rehabilitasi Lapangan Olahraga dari Kemenpora RI untuk desa Bagelen dan Desa Karang Anyar Kecamatan Gedongtataan.

j. Fasilitasi Musorkab KONI Kabupaten Pesawaran