Pencairan ADD dan DD Diperkirakan Mulai Maret

249
Ilustrasi DD
GEDONGTATAAN – Pencairan tahap pertama Dan Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD) di 144 desa se-Pesawaran diperkirakan akan digulirkan pada Maret ini. Untuk itu maka setiap desa harus sudah menyelesaikan laporan APBDes 2018 maupun draft APBDes 2019.
 
“Masih ada  beberapa desa yang masih direvisi APBDes 2019, termasuk laporan realisasi APBDes 2018. Namun secara keseluruhan, desa sudah menyelesaikannya,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pesawaran Zuriadi, Jumat (15/2).
 
Dikatakan, untuk persyaratan pencairan dana desa tahap pertama sudah diserahkan pihaknya ke pemerintah pusat. Dan saat ini pihaknya masih menunggu pencairan dari pemerintah pusat. “Kita tinggal menunggu, mudah-mudan Maret sudah ada pencairan DD tahap pertama turun ke daerah,” imbuhnya.
 
Dijelaskan syarat utama pengajuan pencairan DD maupun ADD yakni seluruh desa sudah menyampaikan laporan realisasi APBDes 2018 dan menyampaikan draft APBDes 2019. Dimana sebagian desa sudah menyampaikan laporan realisasi APBDes.
 
“Masih ada beberapa desa lagi yang harus diperbaiki (Laporan APBDes). Kalau pengajuan ke pusat sudah, nanti kalau sudah ditransfer dan masuk ke kasda. Maka desa harus sudah menyelesaikan laporan APBDes 2018 maupun draft APBDes 2019, baru bisa ditransfer ke rekening desa,” terangnya.
 
Dijelaskan, untuk anggaran DD tahun 2019 untuk 144 desa mencapai Rp 155,64 miliar; Alokasi Dana Desa (ADD) mencapai Rp 69,90 miliar dan DBH mencapai Rp 3,02 miliar. Dan dengan telah diketahui anggaran DD, ADD dan DBH secara pasti, maka desa diminta segera memperbaiki draft APBDes TA 2019 yang sebelumnya struktur anggaran masih berupa proyeksi. (Rus)
BACA :  Pasar Gedongtataan Jadi Pilot Project Pasar Higienis