Pencairan DD Tahap II Ditarget Awal September

618
Kepala DPMD Lamsel Dulkahar

KALIANDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selatan menargetkan pencairan Dana Desa (DD) tahap II tahun 2017 akan dilakukan mulai awal Bulan September, mendatang. Pasalnya, dinas yang menangani urusan desa ini tengah melakukan monitoring ke sejumlah kecamatan.

Kepala DPMD Lamsel Dulkahar, A.P., M.Si., mengungkapkan, hari ini (kemarin’red) merupakan hari terakhir jadwal monitoring pembangunan desa. Dimana, jajarannya tengah turun ke tiga kecamatan yang telah dijadwalkan untuk melihat pembangunan DD 60 persen.

“Hari ini terakhir. Tim turun di tiga kecamatan yaitu Natar, Tanjungsari dan Jatiagung. Setelah ini, kami akan rekap hasilnya berdasarkan hasil monitoring dan yang disampaikan oleh masing-masing desa,”ungkap Dulkahar melalui sambungan telepon, kemarin.

BACA :  Jaga Portal Pasar Inpres, Satpol PP Tunggu Instruksi

Pihaknya mengaku akan mengkebut pengecekan laporan realisasi pembangunan desa tahap I. Itu dilakukan agar pencairan DD tahap II atau 40 persen bisa tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Kita akan kerja cepat. Begitu laporan dari desa masuk dan pengerjaannya memang sudah baik seperti yang kita lihat saat turun ke lapangan maka langsung kita proses.  Kita tidak akan menunggu-nunggu desa yang lambat mengumpulkan laporan,”imbuhnya.

Dia menegaskan, proses pencairan DD tahap II akan dimulai setelah masing-masing desa mengumpulkan laporan kegiatan atau realisasi pembangunan desa melalui DD tahap I. Serta, ditambah dengan pengajuan proposal pencairan DD tahp II yang bisa dibuat setiap tahun.

BACA :  Ayah Oliv Akui Anaknya Diancam Dibunuh

“Karena, DPMD juga sudah mengetahui desa-desa mana yang pekerjaannya tidak sesuai dengan APBDes. Kami punya laporan berdasarkan hasil monitoring. Kami juga tidak ingin menghambat pencairan bagi desa yang memang sudah baik melaksanakan kegiatan melalui DD ini,”tukasnya.

Terpisah, Camat Kalianda Erdiansyah, SH, MM mengatakan, pihaknya telah menyampaikan kepada para aparatur desa untuk segera menyiapkan laporan realisasi DD tahap I serta proposal permohonan pencairan DD tahap II.

“Setelah semuanya terkumpul dan selesai kami rekap, segera kemi sampaikan ke kabupaten. Supaya, kegiatan pembangunan desa bisa berjalan tepat pada waktunya,”pungkas Erdi. (idh)