Pendatang Harus Jujur!

261

TANJUNG BINTANG – Dalam upaya mencegah penyebaran wabah Corona virus disease (Covid-19), Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap (PRI) Tanjung Bintang terus memantau pendatang yang tiba di wilayahnya.
Tak hanya melakukan pemantauan kepada pendatang saja, petugas Promosi Kesehatan (Promkes) PRI Tanjung Bintang juga memberikan edukasi kepada masyarakat dengan pelayanan keliling. KUPT PRI Tanjung Bintang, Darmawan, pemantauan ini merupakan antisipasi.
“Di samping itu, kita juga mewaspadai setiap pasien yang datang karena tidak menutup kemungkinan ada yang terpapar. Petugas kami juga bertugas menggunakan APD yang kita punya,” ujarnya kepada Radar Lamsel, Kamis (30/4).
Lebih lanjut, Darmawan juga mengatakan petugas PRI Tanjung Bintang juga melakukan pemeriksaan di setiap fasilitas umum guna memberikan pengarahan terhadap penggunaan disinfektan. Dalam hal ini, pihaknya membatasi jumlah orang di setiap kegiatan yang dilakukan.
“Pelayanan kesehatan saat ini juga kita batasi maksimal 10 orang. Setiap pasien yang akan masuk ke Puskesmas juga harus sesuai dengan standar SOP, cuci tangan pakai sabun, kita screening dan semprot disinfektan,” kata dia.
Dengan begitu, Darmawan berharap masyarakat serta Unsur Pimpinan Kecamatan dapat melakukan kerjasama yang baik guna berhasilnya mencegah penyebaran wabah Covid-19 di kecamatan itu. Darmawan juga menekankan kejujuran pendatang yang tiba di Kecamatan Tanjung Bintang.
“Masyarakat harus jujur dan ikuti anjuran pemerintah, ketika baru datang dari luar wilayah harus melapor ke desa. Ada gejala apa, keluhannya apa. Setelah itu akan kita lakukan screening dan isolasi mandiri selama 14 hari dan akan kita berikan arahan,” katanya.(cw1)

BACA :  Ajak Tokoh Awasi Pilkada