Penengahan Gelar Lomba Nasi Tumpeng dan Senam Poco-poco

397
Ketua TP-PKK Kecamatan Penengahan Agustiana Koharudin sedang menilai tumpeng.

Meriahkan HUT RI ke-72

PENENGAHAN – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72, Pemerintah Kecamatan Penengahan menggelar sejumlah lomba-lomba yang diikuti seluruh desa diwilayah itu.

Untuk menyemarakkan HUT kemerderkaan itu, pemerintah kecamatan menggelar lomba nasi tumpeng non beras dan senam poco-poco yang diprakarsai oleh Ketua TP-PKK Kecamatan Penengahan Gustiana Koharuddin.

Gustiana Koharuddin mengatakan, tujuan pelaksanaan lomba nasi tumpeng itu dimaksudkan agar dapat membentuk kreativitas dan pengetahuan kepada ketua TP-PKK didesa-desa. Bahkan lomba nasi tumpeng yang digelar kali ini dari bahan bahan baku singkong, ubi jalar dan jagung atau non beras.

“Selain untuk meningkatkan kreativitas warga dalam pengolahan makanan, ini juga harus dipahami oleh masyarakat bahwa selain beras atau nasi, masih ada bahan pengganti atau subtitusi bahan pengganti makanan pokok yang tidak kalah kandungan gizi dan karbohidratnya,” kata Gustiana kepada Radar Lamsel, Rabu (16/8) lalu.

BACA :  Warga Desa Canggu Tewas Disambar Petir

Sama halnya dengan gelaran lomba senam poco-poco. Menurut Gustiana, senam poco-poco merupakan salah satu hiburan yang mengandung unsur kesehatan dan dapat meningkatkan kebugaran terhadap tubuh.

“Pesertanya dari kader PKK, posyandu desa dan guru-guru PAUD. Tujuannya sama seperti lomba tumpeng, untukk memupuk kebersamaan dan ikatan silaturahmi antar warga masyarakat desa,” lanjutnya.

Gutiana mengaku, peserta yang mengikuti lomba 17-an tahun ini cukup antusias. Itu terlihat dari jumlah peserta yang secara keseluruhan ikut serta dalam seluruh lomba yang digelar. “Kegiatan tersebut adalah bagian dari partisipasi ibu-ibu PKK, kader posyandu dan masyarakat dalam memeriahkan HUT RI ke-72,” pungkasnya.

BACA :  BPJS TK Kalianda Optimalkan 'pelayanan' Lapak Asik

Camat Penengahan Drs Koharuddin menambahkan, terlaksananya kegiatan lomba yang digelar Pemerintah Kecamatan Penengahan itu berkat dukungan semua pihak. Koharuddin melanjutkan, kegiatan lomba seperti ini akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.

“Lomba yang dilaksanakan merupakan kegiatan yang sangat positif dan sangat menyehatkan, Insha Allah pada HUT RI tahun depan kita akan menggelar lomba yang lebih meriah lagi,” katanya. (rnd)