Penengahan Seratus Persen ODF

68
ILUSTRASI

PENENGAHAN – Kecamatan Penengahan resmi menyandang ODF. Status ini didapat setelah 14 desa di kecamatan itu menerima sertifikat lulus ODF yang diberikan langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, kepada 14 kepala desa dalam program swasembada gizi yang dilaksanakan di desa Padan, Senin (24/8/2020).

Keempat belas desa tersebut adalah desa Kekiling, Rawi, Kuripan, Kelau, Ruang Tengah, Taman Baru, Gedung Harta, Sukajaya, Sukabaru, Gayam, Penengahan, Tetaan, Way Kalam, dan Padan. Sedangkan delapan desa lainnya, yaitu Tanjung Heran, Pasuruan, Gandri, Belambangan, Banjarmasin, Pisang, Kelau, dan Kampung Baru, sudah menyandang ODF duluan.

BACA :  Sekkab Klarifikasi Ariswandi Hari Ini

Kepala UPT PRI Penengahan, Rosalina, mengatakan dari 14 desa yang baru ODF tersebut, 2 di antaranya yaitu Padan, dan Way Kalam masih bersyarat. Tetapi bisa dimaklumi karena dua desa itu berprogres untuk menyelesaikan komitmen ODF dengan 12 desa lainnya. Karena itu, kedua desa sudah bisa menerima sertifikatnya.

Meski seluruhnya sudah menyandang ODF, desa tidak boleh berleha-leha. Masih ada tugas lain yang harus dilakukan. Untuk menyempurnakan status tersebut, pemerintah desa masih perlu mengadakan sarana cuci tangan di setiap rumah. Kemudian membuat TPAS (Tempat Pembuangan Akhir Sampah).

BACA :  Disnak Abaikan Atensi Komisi II

“Jadi itu langkah-langkah yang masih harus dilakukan desa. Dua sarana itu sangat berperan menjaga kebersihan lingkungan, dan penerapan pola hidup sehat,” katanya kepada Radar Lamsel.

Kemarin, Winarni juga memberikan penghargaan kepada seluruh desa di kecamatan Penengahan yang telah melakukan Swasembada WC. Istri Nanang Ermanto ini juga membagikan masker kepada para kepala desa sebagai Gerakan Bersama (Gerbek) Masker. (rnd)