Penerapan Safety Riding Bisa Tekan Angka Kecelakaan

65
Randi Pratama – Seorang peserta dari salah satu komunitas motor di Lampung Selatan mengikuti ujian safety riding di lapangan GWH yang digelar oleh Satlantas Polres Lamsel, Kamis (27/2/2020).

KALIANDA – Satlantas Polres Lamsel sedang berupaya menerapkan sistem safety riding kepada masyarakat. Unit yang menangani lalu lintas ini pun menggandeng dinas dan instansi seperti Dishub, TNI, Pol PP dan Damkar. Bahkan beebrapa komunitas motor juga digandeng yang untuk mempromosikan program ini.

Safety riding yang sedang digalakkan Satlantas Polres Lmasel ini berkaitan dengan pengenalan teori tata tertib mengenai aturan berlalu lintas. Contoh pemakaian helm SNI, tidak melawan arus, dan lain-lain. Satuan yang identik dengan kopel putih ini ingin menjadi pionir supaya bisa menyadarkan masyarakat.

Polres Lampung Selatan menyebut masih banyak menemui mengendara yang kurang memperhatikan faktor-faktor keselamatan tersebut. Kesalahan kecil seperti itu bisa membuahkan peristiwa kecelakaan lalu lintas. Bahkan tidak sedikit juga yang menimbulkan korban meninggal dunia.

BACA :  88 Santri Ponpes Lirboyo Asal Lamsel Pulkam

Kapolres Lamsel, AKBP. Edi Purnomo, S.IK meminta masyarakat lebih berhati-hati dalam berkendara. Edi juga meminta masyarakat memperhatikan hal-hal kecil demi keselamatan. Jika diabaikan, tidak menutup kemungkinan hal-hal kecil seperti melawan arus atau tidak menggunakan helm bisa membawa dampak yang fatal bagi pengendara.

“Karena safety riding merupakan pola berkendaraan dengan mengutamakan faktor keselamatan. Baik keselamatan bagi diri pengendara maupun bagi pengguna jalan lainnya,” katanya di Mapolres Lamsel, Kamis (27/2/2020).

Kasatlantas Polres Lamsel, AKP. Agustinus Rinto,S.H. mengatakan kegiatan pelatihan safety riding dilaksanakan supaya bisa menciptakan situasi kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) yang kondusif di Lampung Selatan. Dalam hal ini, Satlantas menggandeng Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung yang ditunjuk sebagai pelatih atau instruktur.

BACA :  Grafik DBD Diprediksi Menurun April

“Kami juga menggandeng Pemkab Lamsel untuk mensuskeskan kegiatan ini. Ini jadi program utama karena banyak teori-teori mengenai aturan lalu lintas yang disampaikan di sini,” katanya.

Kegiatan ini tak hanya memberikan edukasi tentang keselamatan berkendara saja, tetapi peserta yang hadir diberikan hadiah berupa doorprize melalui undian yang dilakukan jajaran Satlantas. (rnd)