Penghijauan Sekaligus Manfaatkan Kasiatnya

46
Nyoman Subagio – Koramil 421-03 Penengahan membagikan bibit pohon kelor kepada warga di Kecamatan Ketapang yang dipusatkan di Desa Kemukus, kemarin.

Koramil 421-03 Penengahan Bagikan 10 Ribu Bibit Pohon Kelor

KETAPANG – Kasiat dan kegunaan daun kelor kini mulai dicari orang. Sebelumnya, tidak banyak orang yang tau soal kasiat dan kegunaan daun sayuran ini. Kini, daun sayuran hijau yang berbentuk bulat-bulat kecil ini diserbu warga.

Seiring banyaknya orang-orang mencari daun kelor ini, Koramil 421-03 Kecamatan Penengahan bersama Pemerintah Kecamatan Ketapang membagikan bibit pohon kelor kepada warga di Kecamatan Ketapang, Rabu (24/6/2020). Selain dimanfaatkan daunnya sebagai sayuran hijau, pohon kelor ini juga sebagai bentuk penghijauan lingkungan.

Camat Ketapang Madro’i, SE mengatakan, pihaknya bersama Danramil Kecamatan Penengahan menyiapkan bibit pohon kelor untuk dibagikan kepada masyarakat di Kecamatan Ketapang.

“Danramil Penengahan menyiapkan bibit pohon kelor sebanyak 10 ribu. Bibit itu akan dibagikan untuk masyarakat di tiga kecamatan termasuk Kecamatan Ketapang. Di Kecamatan Ketapang sendiri mendapat bagian sebanyak 4 ribu batang bibit pohon kelor. Empat ribu batang itu akan dibagikan kepada masyarakat tersebar di 17 desa di Kecamatan Ketapang,” kata Madro’i usai membagikan dan penanaman bibit pohon kelor secara simbolis di Desa Kemukus.

Camat Ketapang ini menambahkan, selain bermanfaat untuk kesehatan bila mengkonsumsi daun kelor tersebut, penanaman pohon kelor ini juga sebagai bentuk penghijauan. “Daun kelor ini banyak manfaat. Selain banyak manfaat untuk kesehatan, penanaman ini juga untuk penghijauan lahan,”tutur Madro’i.

Sementara itu, Kepala Desa Kemukus Imam Junaidi mengatakan, masyarakat menyambut baik bantuan bibit pohon kelor yang dibagikan Danramil Penengahan dan Pemerintah Kecamatan Ketapang.

“Bantuan bibit pohon kelor langsung kami bagikan kepada warga untuk segera ditanam. Pohon kelor ini banyak manfaatnya. Daunnya bisa disayur dan banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Penanaman ini juga sebagai bentuk penghijauan lingkungan dan sekitar pekarangan rumah,”kata Imam Junaidi yang menyebutkan setiap warga didesanya akan diwajibkan menanam 10 batang pohon kelor dipekarangan rumah.(man)