Pengunjung Mulai Padati Pantai Batu Putih Desa Ketapang

9

Pokdarwis BPB Desa Ketapang Mulai Tata Area Wisata

KETAPANG – Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Batu Putih Bahari (BPB) Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang terus berbenah.
Setelah membentuk pengurus Pokdarwis, seluruh jajaran pengurus bergotong royong melakukan penataan lokasi wisata agar wisata pantai batu putih terlihat nyaman dan aman saat dikunjungi pengunjung.
Untuk diketahui, wisata Batu Putih Bahari yang memadukan wisata pantai dan religi dari hari kehari mulai banyak di kunjungi wisata lokal dan luar daerah. Kunjungan warga mulai ramai siang sampai sore hari.
Ketua Pokdarwis Hadi Kusuma mengatakan, pengurus Pokdarwis sudah mulai aktif melakukan penataan area wisata secara gotong royong agar pengunjung merasa nyaman dan aman.
“Pengurus Pokdarwis BPB Desa Ketapang sudah dibentuk sesuai dengan tugas dan fungsinya. Masing-masing pengurus mempunyai tugas masing-masing sesuai kebutuhan. Seperti seksi keamanan dan ketertiban, seksi kebersihan dan keindahan, seksi daya tarik dan kenangan, seksi Humas dan pengembangan SDM, seksi pengembangan usaha,” papar Hadi Kusuma didampingi Sekretaris Jumaidin Saleh.
Kepala Desa Ketapang Hamsin yang juga selaku Pelindung Pokdarwis BPB Desa Ketapang mengatakan, pembangunan wisata pantai batu putih untuk pengembangan sumberdaya manusia untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.
“Desa Ketapang memiliki destinasi wisata yang cukup baik jika dikelola dengan baik. Kami selaku pemerintahan desa mendukung pembangunan dan pengembangan pariwisata,” ujarnya.
Sementara itu, Wayan Sude selaku penasehat Pokdarwis BPB Desa Ketapang menjelaskan
visi-misi dan sasaran dari pengelolaan tempat wisata batu putih bahari. Yakni, visi mewujudkan desa Ketapang sebagai destinasi wisata yang mensejahterakan masyarakat desa Ketapang.
Selanjutnya, misi meningkatkan kualitas SDM masyarakat desa Ketapang menuju SDM wisata yang berakhlak mulia, berbudaya, berdaya saing dan sejahtera. Kemudian, memajukan pariwisata yang berbasis kerakyatan yang berwawasan pembangunan berkelanjutan.
Selanjutnya, mewujudkan sistem pengelolaan pariwisata yang baik, Profesional, berkeadilan. Pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana penunjang pariwisata dan menjaga sumberdaya alam, budaya dan sejahtera.
“Sedangkan sasarannya meningkat jumlah kunjungan wisatawan kedesa Ketapang, meningkatkan kesadaran pola hidup sehat, bersih dan produktif, meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan,” pungkasnya.(man)
BACA :  Semangat Perubahan Menuju Desa Ketapang Maju