Pengurus BUMDes Diminta Berinovasi

51

NATAR – Badan Usaha Milik Desa(BUMDes) dinilai masih belum menjadi solusi peningkatan Pendapatan Asli Desa(PADes) pasalnya sebagian Kepala desa(Kades) belum mampu mencari kebutuhan masyarakatnya.

Camat Natar Eko Irawan menilai, sebagian kades masih fokus dengan warung desa dan penyewaan alat-alat seperti kursi dan tenda. “Padahal jika digali, banyak sekali potensi desa yang bisa dijadikan sumber pemasukan BUMDes,” katanya.

BACA :  Waduh, 4 Bulan Saldo BPNT Kosong

Ia mencontohkan, seperti pengolahan sampah dan pemodalan kepada para petani karena mayoritas masyarakat Kecamatan Natar adalah petani, pedagang dan buruh. “Sesuaikan dengan desanya ya, jangan mentang-mentang desa A maju BUMDes simpan pinjamnya lalu desa B ikut-ikutan,” terangnya.

Eko menambahkan, sejauh ini pihaknya terus mendorong kades untuk membuka diskusi dengan warganya untuk mengetahui kebutuhan warga. “Diskusikan dengan warga, tanyakan mereka butuh apa,” ucapnya.

BACA :  Belasan Juta Daftar Regular, Sartipikat Malah Terbit Lewat PTSL

Mantan Camat Sidomulyo ini berharap, semua desa di natar bisa membantu pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan hidup. “Saya sangat berharap BUMDes bisa benar-benar membantu kehidupan warga di Desa-desa,” harapnya. (kms)