Pengurus DKLS dan IMMeLS Dikukuhkan

33
Diskominfo Lamsel - Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengukuhkan pengurus Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) Masa Bakti 2020-2024 dan Ikatan Muli Mekhanai Lampung Selatan (IMMeLS) Masa Bakti 2020-2021 di Taman Wisata Way Belerang Kalianda, Sabtu (19/9) pekan lalu.

KALIANDA – Pengurus Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) Masa Bakti 2020-2024 dan Ikatan Muli Mekhanai Lampung Selatan (IMMeLS) Masa Bakti 2020-2021, secara resmi dikukuhkan Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto, Sabtu (19/9) pekan lalu.

Pelantikan yang berlangsung di Taman Wisata Way Belerang Kalianda ini, sengaja bersamaan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-36 Sanggar Beringin Jaya (SBJ) Kalianda. Tujuannya, untuk membangkitkan generasi muda serta para pelaku seni dapat berpartisipasi mengisi pembangunan dengan mengekspresikan serta melestarikan seni dan budaya lokal.

Dalam arahannya, Bupati Lamsel, H. Nanang Ermanto mengatakan, kesenian budaya lokal harus terus dikembangkan secara masif. Tujuannya, agar para generasi muda dapat mengetahui betapa kaya dan beragamnya seni budaya di daerah Khagom Mufakat ini.

“Saat ini, budaya luar sangat dominan sekali mempengaruhi perilaku generasi muda kita. Untuk mengimbangi pengaruh budaya luar tersebut diperlukan filter yang kuat, yakni dengan mengembangkan dan mengkreasikan seni budaya lokal hingga menjadi menarik dan diminati oleh masyarakat khususnya kalangan muda,” kata Nanang.

BACA :  Pemprov Ajukan Pergub Pendanaan Sekolah

Dia berharap, DKLS dapat semakin membangkitkan budaya kesenian lokal. Sebab,  seni dan budaya lokal tidak kalah dengan kesenian dan budaya di daerah lainnya.

“Kami yakin, asal ada kemauan dan tekat yang kuat serta dengan kebersamaan dan gotong-royong kesenian kita bisa bangkit bahkan go internasional,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Sanggar Beringin Jaya, Hj. Winarni Nanang Ermanto mengharapkan, pengurus baru DKLS dan IMMels dapat mempromosikan daerah dibidangnya masing-masing ke dunia luar. Serta, berupaya terus mengangkat dan memajukan karya seni daerah asalnya.

“Saya juga menaruh harapan besar, bahwa DKLS dan IMMeLS mampu mempromosikan seni budaya dan obyek wisata kepada daerah lain secara luas. Kedepannya, para seniman dan penggiat seni bisa saling peduli dengan kembali mangangkat martabat seni budaya kita. Ini semua tugas kita, terutama para seniman untuk menghidupkan kembali pentas-pentas seni dan festival-festival budaya daerah, dengan demikian seni budaya daerah kita akan mudah dikenal dan dicintai oleh masyarakat, khususnya generasi milenial,” tukas Winarni yang juga Ketua Umum DKLS.

BACA :  Tambak Dilanda WSSP, DKP Anjurkan Asuransi

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamsel, Rini Ariasih mengungkapkan, rangakaian kegiatan diawali dengan Roadshow di Radio Dimensi Baru 93FM Kalianda. Setelah itu, dilanjutkan dengan bhakti sosial di Taman Wisata Pemandian Air Panas Way Belerang Kalianda.

“Kami juga berharap melalui kegiatan ini para pelaku seni dapat mensinergitaskan satu dan kesatuan keragaman budaya yang ada di daerah kita,” pungkasnya. (idh)