Pengusaha Tambang Didesak Benahi Jalan Katibung

475
ILUSTRASI

KALIANDA – Desakan terhadap pengusaha pertambangan untuk ikut berkontribusi membenahi jalan di wilayah Kecamatan Katibung masih terus dilakukan.

Belum tercapainya kesepakatan perbaikan menyebabkan jalan yang dilalui truk penambang batu diwilayah tersebut masih tidak jelas. Tak jarang situasi ini menyulut konflik antar warga dan perusahaan pertambangan.

Camat Katibung Hendra Jaya, S.Sos menjelaskan, pihaknya terus berupaya mendorong wadah atau paguyuban parsatuan pengusaha tambang yang ada di Katibung untuk membahas kembali permasalahan ini.

“ Upaya yang kami lakukan terus mendorong pengusaha untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan. Khususnya pembangunan jalan yang dilalui truk penambang batu,” kata Hendra Jaya kepada Radar Lamsel, Sabtu (30/6) lalu.

BACA :  Jalan Way Mayan Tuai Keluhan

Ia memaparkan kerusakan jalan yang ada di Katibung dimulai dari simpang kates Desa Tanjungan. Dari sana, kata dia, adalah pintu masuk truk-truk besar hingga sampai ke Desa Tanjungratu dan Tanjungagung.

“ Pembahasan ditingkat kecamatan sudah pernah kami lakukan, namun belum klir. Karena tidak semua pengusaha hadir pada waktu itu sehingga tak ada kata sepakat,” katanya lagi.

Mantan Plt. Kadiskominfo Lamsel ini melanjutkan sangat disayangkan apabila pengusaha belum mencapai kesepakatan apapun soal kontribusi perbaikan jalan diwilayah katibung. Sebab hampir setiap tahun jalan yang belum dicor beton rusak lantaran dilalui kendaraan berat.

BACA :  KPID Lampung Minta Lembaga Penyiaran Bersikap Netral

“ Terakhir kali pak Wabup Lamsel turun langsung mencegat truk, kemudian pada saat itu pengusaha dipanggil dan belum juga hadir seluruhnya,” katanya lagi.

Masih kata Hendra Jaya, persoalan ini sejatinya sudah ranah DPU Lamsel untuk mencari jalan tengah atas kerusakan jalan yang berada di Katibung. Namun sebagai perpanjangan tangan Pemkab ditingkat kecamatan warning ini dirasa perlu untuk kembali ditekankan kepada pengusaha pertambangan.

“ Lebih lanjutnya itu sudah ranah DPU Lamsel, namun karena ini menyangkut kemaslahatan warga Katibung, kami juga berharap pengusaha segera mencapai kesepakatan,” tandasnya. (ver)