Penuhi Ketersediaan Air Bersih Melalui Program Pamsimas III

673
Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan

Tim Pakem Targetkan 20 Desa

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan berjanji siap membantu dan memfasilitas masyarakat di pedesaan untuk mendapatkan sarana air bersih melalui program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) III.

Itu dikatakan Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan saat wawancarai usai membuka kegiatan sosialisasi Pamsimas III di aula Rajabasa kantor pemkab Lamsel, belum lama ini.“Meski pemerintah pusat sedang mengalami devisit anggaran, namun program pembangun sarana air bersih masih bisa terlaksana di kabupaten ini. Ini yang patut kita syukuri bersama,” ujar Zainudin Hasan.

Menurut Zainudin, program pamsimas merupakan program bersama dalam rangka meningkatkan ketersediaan air bersih untuk masyarakat yang melibatkan berbagai stakeholder tingkat pusat provinsi, maupun kabupaten/kota.

Untuk itu, lanjutnya, dengan adanya keterlibatan stakeholder diharapkan pelaksanaan program pamsimas dapat berjalan lancar demi tercapainya suatu tujuan mulia.

“Pemkab Lamsel yakin, jika program pamsimas ini berjalan dengan ketentuannya maka ribuan warga di Lamsel akan terlayani air bersih. Jadi tolong, dana program pamsimas ini saya minta harus betul-betul dimanfaatkan sebaik-baiknya,” harapnya.

BACA :  Temukan 12 Kasus Cacing Hati Pada Hewan Qurban

Sementara itu, Plt. Kepala Bappeda Lamsel Qorinilwan, SH, MA menjelaskan, program Pamsimas III memiliki target yang harus dicapai yakni memenuhi kebutuhan air minum untuk masyarakat melalui pencapaian program sanitasi 100 persen.

“Program pamsimas III ini diharapkan mampu untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan menurunkan angka penyakit. Oleh karena itu pihak -pihak terkait harus ikut serta melibatkan diri kedalam program ini (Pamsimas, red), ini untuk suksesnya kegiatan di Lamsel dalam rangka mewujudkan swasembada WC ditahun 2018 mendatang,” katanya.

Secara terpisah, Tim Panitia Kemitraan Pamsimas Lamsel Zakaria mengatakan, kegiatan sosialisasi Pamsimas III yang diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan komitmen bersama terhadap pembangunan air minum dan sanitasi untuk masyarakat secara berkelanjutan, terutama dalam mendukung pencapaian misi pemerintah yaitu mendukung 100 persen akses air minum dan sanitasi yang aman tahun 2019.

BACA :  Korban Konflik Agraria Jalan Kaki ke Istana

“Kegiatan sosialisasi program Pamsimas III tingkat kabupaten ini, diikuti peserta dari bebagai unsur seperti kepala desa, ketua LPM, perwakilan masyarakat dan dinas instansi terkait,” terangnya.

Diungkapkannya,program Pamsimas di kabupaten Lampung Selatan telah berjalan dari tahun 2014. Menurutnya, program tersebut berlangsung secara bertahap. Seperti tahun 2014 telah membangun 10 unit sarana air bersih di wilayah Kecamatan Kalianda, Rajabasa, Penengahan, Sidomulyo, dan Kecamatan Candipuro.

Lalu, di tahun 2015 sebanyak 10 unit sarana air bersih di wilayah Kecamatan Katibung, Merbau Mataran, dan Jati Agung.

“Sedangkan untuk program Pamsimas III tahun 2017 ini kami rencanakan akan direalisasikan di 20 desa akan dipilih melalui hasil perangkingan dan verifikasi kelayakan. Kami selaku tim Pakem Pamsimas berharap program ini bisa berjalan lancar seperti tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya. (iwn)