Perbaikan Jembatan Topang Pertanian

83
David Zulkarnain – Sebuah kendaraan roda dua sedang melitas jembatan di atas saluran irigasi Kali Sekampung, Desa Pulau Tengah, Kecamatan Palas, Rabu (1/7).

PALAS – Petani Desa Pulau Tengah, Kecamatan Palas akhirnya bisa bernafas lega. Sebab, jembatan penyebrangan sepanjang 20 di atas saluran irigasi yang bertahun menjadi keluhan itu sudah bisa dilalui dengan leluasa.

Sutono (43) salah satu petani setempat mengaku sangat berterima kasih, karena kerusakan jembatan diatas saluran irigasi Kali Way Pisang itu telah direspon oleh pemerintah. Selama lima bulan terakhir jembatan ini juga sudah bisa dilalui kendaran petani dengan leluasa, tanpa khawtir terjatuh.

“Sekarang sudah enggak takut jatuh ke sungai lagi, karena jembatannya sudah bagus, ada pagarnya. Petani sangat berterima kasih, karena pemerintah telah merespon melakukan perbaikan jembatan pertanian ini,” ujar Sutono memberikan keterangan kepada Radar Lamsel, saat ditemui di areal persawahan Desa Pulau tengah, Rabu (1/7).

BACA :  Pengidap Hidrosefalus Dapat Tali Asih

Sutono mengaku, jembatan ini memiliki peranan penting bagi petani di Desa Pulau Tengah. Pada saat musim tanam atau panen tiba, jembatan menjadi ramai dilalui kendaraan pengangkut padi.

Namun semenjak mengalami kerusakan, petani mengalami kesulitan mengangkut hasil panen padi. Pada saat jembatan ambrol pada akhir Desember  tahun lalu, petani harus memutar arah sejauh dua kilo meter untuk sampai dilahan mereka.

“Tapi sekarang kesulitan itu sudah sekarang sudah enggak ada lagi. Jembatan ini sangat difungsikan oleh petani, seperti musim panen kemarin patani tidak takut jatuh kalau bawa beban berat,” ucapnya.

BACA :  Dua Kali Panen, Harga Jagung tak Juga Naik

Sementara itu Sekretaris Desa Pulau Tengah Sarno juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang sudah memperbaiki jembatan andalan petani di desanya itu, karena sebelumnya kondisi jembatan tersebut sangat meprihatinkan.

Ia berharap, jembatan terebut dapat memperlacar mobilisasi pertanian di desanya. Selain itu Sarno juga mengajak petani untuk merawat jembatan tersebut bersama-sama.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah memperbaiki jembatan tersebut. Sekarang mobilisasi pertanian sudah lancar, kami juga mengharapkan petani dapat menjaga dan merawat jembatan tersebut bersama-sama,” harapnya. (vid)