Periode Oktober, Serapan APBD Capai 70 Persen

650

KALIANDA – Penyerapan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) tahun 2015 hingga periode Bulan Oktober telah mencapai 70 persen. Itu ditegaskan Sekkab Lamsel Ir. Sutono, MM, Rabu (4/11).
Sutono menilai, angka 70 persen pada periode Oktober sudah bisa dibilang kategori bagus. Sebab, akhir tahun 2015 masih ada waktu sekitar tiga bulan kedepan.
“Ini bisa dikatakan sudah bagus ya. Karena, terhitung Bulan Oktober sudah terserap sebesar 70 persen,”ungkap Sutono saat ditemui di sekitar Kantor Pemkab Lamsel, kemarin.
Dia menambahkan, sebelum memasuki akhir-akhir Bulan Desember 2015, serapan APBD akan mencapai 100 persen. Hal ini, lanjutnya, dipicu karena sejumlah proyek pembangunan infrastruktur yang dikerjakan oleh pihak rekanan selesai dikerjakan lalu dilakukan pencairan anggaran.
Ketua Perhiptani Lamsel ini menegaskan, APBD 2015 Kabupaten Lamsel sebagian besar digunakan untuk infrastruktur. Yang mana, dana tersebut dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU).
“Sedikit terlambatnya penyerapan APBD, ada beberapa pembangunan infrastruktur belum selesai dikerjakan pihak rekanan. Kalau sudah selesai dan di FHO, Dinas PU akan membayarnya. Perlu diingat, Dinas PU anggaran 2015 mencapai Rp320 miliar. Kemungkinan, dibulan Desember akan selesai semua. Insya’ Allah, APBD akan terserap 100 persen,”katanya yakin.
Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya menargetkan penyerapan dana APBD mencapai 100 persen dibulan Desember 2015. Hal itu berdasarkan dari pengalaman ditahun-tahun sebelumnya.
“Kami sudah ada pengalaman dari tahun sebelumnya. Karena memang, anggaran terserap banyak untuk pembangunan fisik. Khususnya untuk fisik ini, selesaikan dahulu pekerjaannya baru kan dibayar,”pungkasnya. (idh)

BACA :  1.000 APD Masih Dipesan