Perjuangkan Nasib, Bidan PTT Unjuk Rasa Lagi

676
ILUSTRASI

KALIANDA – Berjuang sampai tetes darah penghabisan. Perumpamaan itu bisa menjadi gambaran para bidan berstatus pegawai tidat tetap (PTT) di Kabupaten Lampung Selatan untuk memperjuangkan nasibnya agar diangkat menjadi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).
Pasalnya, mereka akan kembali melakukan aksi unjuk rasa bersama ribuan bidan lain se-Indonesia, di Istana Negara Jakarta pada Selasa-Kamis (20-22/9) mendatang.
Informasi yang dihimpun Radar Lamsel, ratusan bidan PTT asal Kabupaten Khagom Mufakat ini akan bertolak dari Kalianda, Senin (19/9) malam. Aksi ini merupakan kali ketiganya para bidan PTT menyampaikan aspirasinya.
Ketua Bidan PTT Lamsel Harita saat dihubungi Radar Lamsel membenarkan hal tersebut. Mereka akan bergabung dengan ribuan bidan PTT lain untuk memperjuangkan nasib mereka yang terkesan tidak diperhatikan.
“Kami sudah mengikuti prosedut dengan cara tes CPNS. Tetapi, pengumumannya belum jelas. Selalu mundur dan diundur. Sebenarnya ada apa ini ? Kami minta tolong perhatikan nasib kami ini,”kata Harita melalui sambungan telepon, kemarin.
Selain itu, mereka juga meminta pemerintah pusat untuk tidak memilah-milah kategori usia bidan PTT yang bakal diangkat menjadi pegawai ASN. Pasalnya, mereka selama ini sudah berjuang dan mengabdikan diri di desa sebagai tenaga kesehatan selama puluhan tahun.
“Kebijakan mengenai pengangkatan pegawai ASN juga harus dirubah. Jangan sampai para bidan PTT yang usianya 35 tahun keatas hanya diangkat sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (P3K). Ini namanya tidak adil,”imbuhnya.
Mereka berharap upaya yang dilakukan bisa menjadi perhatian pemerintah pusat. Dan, pemerintah juga segera memberikan kejelasan soal kuota yang bakal diangkat untuk setiap daerah.
“Kami sudah tes, tapi belum tahu kuota yang bakal diangkat berapa orang. Seperti beli kucing dalam karung. Kami hanya minta kepastian. Karena, TMT bidan PTT akan habis pada Desember 2016 ini,”pungkasnya.
Sebelumnya pernah diberitakan, pengumuman hasil tes pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) khusus bidan pegawai tidak tetap (PTT) kembali molor. Hingga kini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI belum memberikan kepastian terkait pengumuman hasil tes tersebut.
Semula dijadwalkan hasil tespada pengadaan CPNSD jalur khusus bidan PTT tersebut, berdasarkan tindak lanjut dari surat Kementerian Kesehatan RI nomor : KP.03.003/II/485/2016 perihal tindak lanjut pengadaan CPNSD tertanggal 16 Maret 2016, pada tangga 9 September. (idh)

BACA :  Ada Fee Di Balik Rujukan Bidan
BAGIKAN