Perpuseru Krakatau tak Pernah Sepi Pengunjung

692

KALIANDA – Keberadaan Perpustakaan Seru (Perpuseru) Krakatau, Lampung Selatan yang berlokasi di lantai dasar Masjid Agung Kalianda mulai menarik hati masyarakat Lamsel.
Itu dibuktikan dari ramainya jumlah pengunjung rumah baca modern milik kabupaten berjuluk gerbang krakatau ini setiap harinya. Dari anak-anak sekolah dasar hingga mahasiswa rela menghabiskan waktu sepanjang hari usai bersekolah dilokasi ini.
Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Lamsel Yanuarita menuturkan, sejak diresmikannya perpustakaan umum di Kota Kalianda ini, hingga kini jumlah pengunjung selalu ramai.
Menurutnya, jumlah pengunjung rata-rata setiap harinya mencapai 200 orang terdiri dari anak-anak sekolah, mahasiswa, hingga masyarakat umum.
“Alhamdulillah ya, pengunjung Perpuseru yang kita (Lamsel, red) miliki ini tidak pernah sepi. Baik itu yang membaca buku diruangan maupun yang mencari informasi seputar ilmu pengetahuan melalui jaringan internet yang tersedia. Ini membuktikan bahwa minat baca masyarakat mulai bangkit, dan keberadaan perpustakaan ini memang sangat dibutuhkan,” ujar Yanuarita kepada Radar Lamsel, Selasa (26/7) kemarin.
Dijelaskannya, di perpustakaan umum krakatau tersebut terdapat sekitar 5.000 koleksi buku bacaan dengan berbagai judul. Rata-rata buku yang tersedia adalah buku bacaan, buku cerita, ilmu pengetahuan umum dan lain sebagainya.
“Sasarannya memang adalah anak-anak sekolah, jadi buku-buku yang kami sediakan kebanyakan tentang ilmu pengetahuan. Sedangkan untuk masyarakat umum disediakan buku cerita, dongeng, sejarah, menggambar dan sejenisnya,” jelasnya.
Perempuan berjilbab ini mengungkapkan, bagi pengunjung perpuseru krakatau diberikan kesempatan kepada petugas piket untuk membawa pulang buku bacaan dengan batas pinjam yang telah ditentukan.
“Peminjaman buku bacaan ini untuk sementara masih gratis tanpa dipungut biaya. Lamanya waktu peminjaman itu ditentukan oleh petugas,” ungkapnya.
Untuk bisa meningkatkan jumlah pengunjung, lanjutnya, pihak perpuseru krakatau Lamsel, dalam waktu dekat ini merencanakan menggelar Bazar Buku bacaan di lokasi perpuseru. Tujuannya, tidak lain adalah sebagai upaya membangkitkan minat baca masyarakat Lampung Selatan, khususnya warga Kota Kalianda.
“Alhamdulillah belum lama ini perpustakaan daerah Lamsel mendapatkan bantuan dari pusat berups satu unit mobil perpustakaan keliling beserta buku bacaan yang jumlahnya mencapai 1.500 eksemplar. Bantuan tersebut nantinya yang bakal mendukung kegiatan.bazar buku perpuseru krakatau Lampung Selatan,” pungkasnya. (iwn)

BACA :  Disperkim Benahi 8 LPJU Rusak, Tersisa 12 Lagi