Persiapan Sudah 95 Persen, Desa Pisang Siap Tempur!

433

PENENGAHAN – Persiapan Desa Pisang, Kecamatan Penengahan untuk menghadapi lomba kesatuan gerak (Kesrak) PKK-KB tingkat Provinsi Lampung sudah mencapai 95 persen. Itu artinya, sejumlah sarana dan prasarana yang sudah dipersiapkan sejak beberapa bulan lalu telah mencapai final.

Selasa (5/12) kemarin, Desa Pisang sedang melakukan gladi secara seremonial sebelum menghadapi penilaian dari tim provinsi, Rabu (6/12). Itu dilakukan sebagai bukti bahwa desa tempat kelahiran Bupati Lamsel Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum itu siap tempur.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Lamsel Rohadian mengatakan, persiapan pertama yang dilakukan dalam gladi itu adalah penyambutan tim penilai dari Pemerintah Provinsi Lampung yang dilakukan oleh hansip wanita.

BACA :  Gaji Guru Honor Bisa Naik Tapi Tak Seragam

Kemudian, penyampaian laporan kesiapan. Serta penyambutan dan gerakan masyarakat sehat (Germas) yang dilakukan oleh masyarakat lanjut usia (Lansia). “Ini persiapan seremonial, juga sebagai bentuk persiapan mental Desa Pisang untuk menghadapi perlombaan Rabu besok (hari ini’red),” kata Rohadian kepada Radar Lamsel, kemarin.

Rohadian juga memaparkan beberapa hal mengenai bagian yang akan dinilai. Menurutnya, tim penilai akan melakukan penilaian yang meliputi 4 hal. Yaitu mengenai kesrak PKK-KB Desa Pisang, penilaian posyandu, penilaian lingkungan bersih dan sehat (LBS), serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). “Itu bagian indikator yang akan dinilai,” katanya.

BACA :  Nanang Promosikan UMKM Kolase ke Direktur Utama ASDP

Meski tim penilaian akan dilakukan terhadap 4 hal, Rohadian meyakini bahwa Desa Pisang memenuhi semua persyaratannya. Itulah yang membuat Rohadian yakin dan optimis bahwa Desa Pisang mampu bersaing dengan desa-desa dari kabupaten lain. “Desa Pisang akan jadi salah satu diantaranya,” pungkasnya. (rnd)

BAGIKAN