Pertajam Keahlian Pembuatan Pakan Alternatif

106
David Zulkarnain – Pelatihan pembutan pakan ternak alternatif yang dilakasanakan oleh Pemerintah Desa Pulaujaya dan TPID Kecamatan Palas, Kamis (9/1).

PALAS – Pemerintah Desa Pulau Jaya, Kecamatan Palas terus berupaya dengan serius meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku peternak sapi di desa setempat.

Apa lagi, peternak sapi telah dimasukkan ke dalam program inovasi desa, Pemerintah Desa Pulau Jaya terus memberikan pelatihan pembuatan pakan alternatif kepada pelaku ternak sapi secara berkelanjutan.

Kepala Desa Pulau Jaya Roliyah mengatakan, sebagai program inovasi desa, usaha ternak sapi masyarakan ini terus didorong dengan diberikannya pelatihan kepada kelompok ternak .

Salah satu upaya untuk mendorong kemajuan usaha ternak sapi tersebut dengan memberikan pelatihan pembuatan pakan ternak secara berkelanjutan kepada kelompok ternak.

“Sebagai program inovasi desa, usaha ternak sapi ini terus kami dorong. Salah satunya dengan memberikan pelatihan pembuatan pakan ternak alternatif  secara berkelanjutan sebagai bekal SDM kelompok ternak di Desa Pulau Jaya,” ujar Roliyah kepada Radar Lamsel, di sela kegiatan tersebut.

BACA :  UMKM Harus Punya Izin Usaha

Roliyah menerangkan, pada pelatihan yang kedua ini pihaknya bekerjasam dengan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Palas. Dengan mendatangkan narasumber dari Lembaga Konservasi 21 Provinsi Lampung.

“Selain memberikan pelatihan, pada akhir Desember lalu kami juga melakukan study banding di Kecamatan Tanjungsari.Harapan kita dengan adanya pelatihan yang berkelanjutan ini dapat mempertajam keahlian kelompok ternak dalam mebuat pakan ternak alternatif,” harapnya.

Sementara itu Direktur Lamebaga Konservasi 21 Provinsi Lampung, Edy Karizal, pelatihan pembuatan pakan alternatif dari jerami atau bonggol pisang ini dinilai penting untuk mendorong kemajuan usaha ternak yang lebih modern.

BACA :  Palas Gelar Operasi Yustisi

Menurut lulusan Fakultas Pertanian, Universitas Lampung ini, meski di Desa Pulau Jaya meliki ketersediaan pakan yang berlimpah. Namun pembuatan pakan alternatif ini dapat dijadikan bekal kelompok ternak, ketika usaha ternak sapi ini akan dikembangkan menjadi lebih besar.

“Kalau dilihat dari ketersedian pakan memang masih sangat melimpah. Namun pelatihan pembuatan pakan alternatif ini dapat dijadikan bekal, ketika usaha ternak sapi ini akan dikembangkan menjadi lebih besar,” pungkasnya. (vid)