Pesawaran Aplikasikan Program Pertanian Terintegrasi

300
Foto Ilustrasi
GEDONGTATAAN – Pemerintah Kabupaten Pesawaran bersama pihak terkait seperti Bank Lampung, Jasindo, PT.Jabbaru telah mencapai kesepahaman untuk mengaplikasikan program pertanian terintegrasi. Dan sebagai pilot project, dalam waktu dekat akan dilaksanakan percontohan jagung dengan pola pertanian terintegrasi di Kecamatan Negerikaton seluas 100 hektar.
 
Program inovasi Dendi Ramadhona dan Eriawan dibidang pertanian tersebut merupakan inisiasi oleh Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Pesawaran.
 
“Untuk program pertanian terintegrasi pada prinsipnya semua pihak yang terlibat sudah mencapai kesepahaman sesuai bidang masing-masing untuk menyukseskan program tersebut,” ungkap Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalui Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama pekan lalu.
 
Dikatakan, beberapa perusahaan yang digandeng pemerintah daerah diantaranya Bank Lampung yang berperan dari sisi pembiayaan, PT. Jassindo dari sisi asuransi, PT Jabbaru sebagai pelaksanaan dan Pemerintah Daerah sebagai fasilitator.
 
“Ya, pada hari Rabu (20/3) Pak Bupati, Direktur Utama Bank Lampung, kepala cabang Jasindo, Direktur Utama PT.Jabbaru telah tanda tangani berita acara kesepahaman di kantor cabang utama Bank Lampung,” jelasnya.
 
Ditambahkan Kepala Bidang Tanaman Pangan Budi Wirawan, pertanian terintegrasi yaitu suatu program yang  mengintegrasikan kegiatan sektor pertanian dengan sektor pendukungnya baik secara vertikal maupun horizontal sesuai potensi masing-masing wilayah dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya lokal yang ada.  
 
” Diharapkan kegiatan integrasi yang dilaksanakan juga berorientasi pada usaha pertanian tanpa limbah (zero waste) dan menghasilkan 4 F (food, feed, fertilizer dan fuel),” jelasnya.
 
Melalui pertanian terintegrasi, diharapkan permasalahan yang dihadapi petani seperti permodalan, ketersediaan sarana produksi, alsintan, serta permasalahan penanganan panen dan pasca panen dan masalah harga dapat diatasi.  Hal ini dimungkinkan dengan adanya kerjasama yang melibatkan pihak ketiga mulai dari lembaga keuangan (bank), pihak penyedia benih, pihak penampung hasil jagung petani,  Brigade Alsintan, dan BUMDES.
 
Diketahui dalam acara tersebut selain dihadiri langsung oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona juga dihadiri langsung oleh Direktur Utama Bank Lampung Eria Desomsoni, Kepala Cabang Jasindo Sugeng Prapto, Direktur PT. Jabbaru Rahmad Faiszal, Komisaris dan pejabat utama di Bank Lampung, Ketua DRD Pesawaran Edi Eriawan Arief, Kepala Balitbang Pesawaran Yosa Rizal, Kabag Hukum Susi Patminingtyas, Camat Negerikaton, Camat Tegineneng dan OPD terkait. (Rus)
BACA :  Pemerintah Fasilitasi Masyarakat Kelola Hutan Secara Lestari
BAGIKAN