Pesawaran Minta Hibah Blanko KTP Elektronik

10
Ilustrasi Blanko KTP
GEDONGTATAAN – Untuk mencukupi kebutuhan blanko KTP elektronik, Pemerintah Daerah Pesawaran berencana mengadakan blanko dengan cara hibah ke Kementerian Dalam Negeri RI.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pesawaran Ketut Partayasa mengatakan, untuk mencukupi kebutuhan blanko KTP elektronik dalam satu tahun diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp 600 juta.
“Hibah ke Kemendagri Cq. Dirjendukcapil itu melalui pos bantuan sosial dari APBD. Dan itu sesuai Permendagri No 99 tahun 2019 tentang teknis bantuan hibah. Karena dalam undang undang yang boleh mengadakan blanko itu Kemendagri, makanya kita beli blanko melalui hibah,” ucapnya.
Dengan anggaran sekitar Rp 600 juta tersebut lanjut Ketut diestimasikan ketersediaan blanko KTP elektronik sekitar 50 ribu keping. Dan jumlah tersebut diperkirakan mampu mencukupi kebutuhan blanko pada 2020 ini.
“Diperkirakan cukup untuk kebutuhan satu tahun. Saat ini tinggal menunggu persetujuan pimpinan,” ujarnya.
Diluar ketersediaan blanko melalui hibah, pihaknya juga mengusulkan sekitar 20 ribu keping blanko untuk persiapan pilkada 2020.
“Kita sudah usulkan sebanyak 20 ribu keping untuk mengakomodasi kebutuhan blanko untuk antisipasi pilkada ini. Dan usulan itu nanti akan saya sampaikan langsung ke Dirjen,” pungkasnya. (Esn)
BACA :  Ringankan Korban Banjir, M. Nasir Salurkan Bantuan
BAGIKAN