Pesawaran Terima Anugerah APE Katagori Pratama

5
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona bersama Wakil Bupati Pesawaran Marzuki, Ketua TP PKK Nanda Indira hadiri acara penganugerahan APE di aula Pemda setempat.
GEDONGTATAAN – Kabupaten Pesawaran ditetapkan sebagai penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 dengan katagori Pratama. Penganugerahan tersebut diberikan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, secara virtual, Rabu (13/10).
Penganugerahan APE tersebut diberikan kepada pemerintah daerah atau lembaga lainnya yang memiliki komitmen besar dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender ( PUG). Dimana, terdapat empat katagori penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yaitu Pratama (Pemula), Madya (Pengembang), Utama (Peletakan dasar dan Keberlanjutan) dan Mentor.
“APE diberikan setiap dua tahun dan sejak 2006. Dan merupakan ukuran melihat kemajuan pembangunan yang berorientasi kepada pembangunan berkeadilan gender,yang dilakukan kementerian lembaga dan pemerintah daerah,”ungkap Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga saat memberikan sambutan.
Dijelaskan, Penghargaan APE 2020, mengalami perubahan jadwal karena pandemi covid-19. Dimana terdapat 13 kementerian/lembaga 29 provinsi dan 296 kabupaten kota yang menerima penghargaan APE tahun 2020.
“Dan tentu harapannya dapat meningkat di tahun tahun yang akan datang,” harapnya.
Pemantauan dan evaluasi terhadap strategi pelaksanaan pengarusutamaan gendre di Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah dilakukan dengan menggunakan indikator indikator yang dapat mengukur pelaksanaan penilaian. Dimana  pemberian penghargaan APE sebagai bagaian dari rangkaian kegiatan Asean Ministerial Meeting on Youth ke-4 dan Indonesia menjadi tuan rumah.
“Kami berharap praktik praktik baik dalam  pengarusutamaan gender menjadi sarana pembelajaran bersama dengan negara negara ASEAN, dan meningkatkan kualitas pengarusutamaan gender di Indonesia kedepannya,” pungkasnya.
Diketahui pemberian APE secara virtual dihadiri langsung oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Wakil Bupati Pesawaran Marzuki, Ketua TP PKK Pesawaran Nanda Indira, Kadis PPPA Binarti Bintang dan OPD terkait. (esn)
BACA :  PPDI Ajukan Permohonan ke DPRD