Petambak Dikepung Mendung

30
Ist.Radar Lamsel - Inilah lahan tambak di Dusun Kualajaya, Desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi yang rawan terancam banbjir rob, Kamis (22/10).

SRAGI – Pulahan hektar tambak di  Dusun Kualajaya Desa Bandar Agung, Kecamatan Sargi kembali terancam banjir pasang air laut. Ancaman tersebut lagi-lagi membuat petambak was-was sekaligus memutar otak agar hasil panen tak kembali merosot, sebab banjir.

Sudarto (46) salah satu warga setempat mengatakan, banjir rob yang sudah terjadi selama tiga hari belakangan ini kembali mengundang keresahan para petambak udang di Dusun Kualajaya dan Sumberjaya.

“Tentu saja merasa resah dengan banjir rob yang kembali melanda. Petambak khawatir banjir akan kembali merendam tambak, seperti yang terjadi pada pertengahan tahun kemarin,” ujar Sudarto memberikan keterangan kepada Radar Lasmel, Kamis (22/10) kemarin.

BACA :  Itera Resmikan Kebun Hidroponik

Sudarto menjelaskan, setidaknya ada 30 hektar tambak yang berpotensi terendam banjir rob kali ini. Lahan tambak tersebut berada di sepanjang tepi Sungai Sekampung yang saat ini juga ikut meluap lantaran pasang air laut tersebut.

“Memang banjir saat tidak setinggi banjir rob sebelumnya. Yang rawan terendam yaitu lahan tambak di sepanjang Sungai Sekampung sekitar 30 hektar. Air juga sudah sampai tanggul,” terangnya.

BACA :  Ayam Bantuan Mati, Diganti Ayam Pilek

Hal senada juga diutarakan Sukra (50), ia juga merasa khawatir banjir rob kembali merendam lahan tambak masyarakat. Dan menimbulkan kerugian seperti pada Juni lalu.

Saat ini,  ungkap Sukra, langkah antisipasi yang dilakukan petani tambak hanya dengan meninggikan tanggul. Untuk meminimalisir air pasang masuk kedalam tambak.

“Petani tambak udang enggak bisa berbuat banyak, Mas. Upaya yang dilakukan hanya menimbun tanggul dengan tanah agar air tidak masuk dalam tambak. Dan berharap pasang air laut ini cepat meredam,” harapnya. (vid)