Petani Diajari Ilmu Teknologi Tepat Guna

11
Ist.Radarlamsel – Sosialisasi teknologi tepat guna pertanian yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sidomakmur, Kecamatan Way Panji, Kamis (10/6).

WAYPANJI – Pemerintah Desa Sidomakmur, Kecamatan Waypanji terus berupaya meningkatkan sektor pertanian, sehingga memberikan dampak kejahteraan masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan, yaitu dengan memberikan sosialisasi teknologi tepat guna pertanian kepada sejumlah petani di desa setempat, Kamis (10/6).

Kepala Desa Way Panji, David Riono mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya untuk meningkatkan sektor pertanian. Sehingga dengan menerapkan teknolgi tepat guna bisa mendorong kesejateraan masyarakat.

“Kegiatan salah satu upaya desa untuk mengembangkan sektor pertanian yang berbasis teknologi tepat guna. Sehinga bisa memberikan dampak perekonomian yang lebih baik kepada masyarakat desa,” kata David kepada Radar Lamsel, disela kegiatan tersebut.

Salah satu yang akan dikembangkan yang teknologi pemanfaatan pupuk organik. Hal ini dinilai penting untuk mewujudkan sektor pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Penerapan pemakaian pupuk organik dengan mengolah sendiri ini sebagai upaya kita untuk mewujudkan pertanian yang sehat dan ramah lingkungan. Ini juga untuk mengurangi pemakaian pupuk kimia,” sambungnya.

Sementara itu Kasi Pengembangan Ekonomi Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lampung Selatan Dawar Yunus menjelaskan, teknologi tepat guna ini memang perlu dirapkan untuk mengelola sumber daya yang alam ada di desa.

“Memang perlu diterapkan di desa. Apalgi Penerapan dan pengembangan  teknolgi tepat guna pengelolaan sumber daya alam memang sudah ada dii Permendes nomor 23 tahun 2017. Yang bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja, kesejahteraan, dan meninggakatkan nilai produk. Tak hanya dari sektor pertanian saja tapi dari segal sektor,” terangnya saat mengisi kegiatan sosialisasi itu. (vid)