Petani Dibekali Ilmu Kelembagaan Ekonomi

17
Ist. Radarlamsel - Petugas widia suara BPP Lampung Bambang Harianto, SP, M. Si, memaparkan materi pelatihan kelembagaan ekonomi, kepada perwakilan petani di Kecamatan Candipuro, di BPP Model kecamatan setempat, Senin (3/5).

CANDIPURO – Badan Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung, menggelar pelatihan penumbuhan kelembagaan ekonomi petani bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kegiatan yang diikuti para petani di Kecamatan Candipuro ini, berlangsung di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) model Kecamatan Candipuro, Senin (3/5) kemarin.

Petugas Widia Sawara BPP Lampung, Bambang Harianto, SP, M. Si mengatakan, kegiatan pelatihan ekonomi petani bertujuan untuk menumbuhkan semangat Kelompok Tani (Poktan). Sebab, petani memiliki peran dan potensi yang sangat sentral menggerakan pembangunan pertanian.

Sesuai nawacita Presiden RI Ir. Joko Widodo, lanjutnya, bahwa Poktan harus di dorong untuk membentuk sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertanian.

“Untuk mencapai hal tersebut, maka kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kelembagaan petani harus dipersiapkan matang agar kuat. Untuk itu pelatihan ini digelar,” ungkap Bambang kepada Radar Lamsel usai kegiatan, kemarin.

BACA :  KWT Organik Dilatih Kelembagan Ekonomi Petani

Lebih lanjut ia mengatakan, bila kelembagaan kelompok dan usaha serta organisasi para petani telah kuat, maka para Poktan akan di satukan menjadi sebuah wadah asosiasi. “Pada akhirnya dapat membentuk sebuah perusahaan atau PT, BUMD atau jenis lembaga usaha lainnya,” katanya.

Kegiatan yang rencananya akan berlangsung hingga tiga hari kedepan itu (Senin 3 Mei – Rabu 6 Mei) itu,  akan memaparkan banyak materi. Bambang menjelaskan, mulai dari materi tata kelola administrasi baik keuangan dan perkantoran.

BACA :  Petani Tak Gabung Poktan, Tak Dapat Subsidi Pupuk

Kemudian akan di susul pemaparan materi pelatihan penumbuhan kelembagaan ekonomi petani. Serta pemaparan materi negosiasi dan kemitraan.

“Harapan kedepan, kita harus  memiliki sebuah corporate pertanian. Walaupun untuk mewujudkan memang tidak mudah. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, para petani yang menjadi peserta hari ini, bisa menerapkan apa yang telah kita sampaikan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan, Tim BPP Lampung, Koordinator Penyuluh Kabupaten Lampung Selatan Aan Suryani beserta PPL BPP Model Kecamatan Candipuro dan perwakilan Poktan se-Kecamatan Candipuro. (sho)