Peternak Dilatih Memproduksi Pupuk Organik

41
Rifky - Mahasiswa Fakultas Tehnik Pertanian Unila sedang melakukan praktik pembuatan pupuk fermentasi dari limbah kotoran sapi, Selasa (8/9).

TANJUNG SARI – Kelompok ternak Mekar Sari di Dusun II, Desa Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjung Sari dibekali ilmu pembuatan pupuk organik dari limbah kotoran sapi, Selasa (8/9).

 

Pelatihan tersebut dibimbing langsung oleh Dosen Fakultas Tehnik Pertanian Unila Dr.Ir Agus Haryanto M.P dan Dr. Ir. Sugeng Triyono, M.Sc serta beberapa mahasiswa Fakultas Tehnik Pertanian.

 

Proses pembuatan pupuk fermentasi tersebut caranya, kotoran sapi dimasukkan kedalam sebuah tampungan lalu disemprot cairan EM4 dan larutan gula. Kemudian, ditutup dan diendapkan selama dua hingga empat minggu.

BACA :  Jalan Penghubung Dua Kecamatan Diaspal

 

“Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini bisa menambah keterampilan peternak dan mahasiswa untuk memanfaatkan kotoran sapi sehingga bisa bernilai ekonomis,” Ucap Dr. Ir. Agus Heriyanto, M.P pada sambutannya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Purwodadi Dalam Sugino, S.Pd berharap, dengan adanya pelatihan pemanfaatan kotoran hewan itu bisa bermanfaat bagi para peternak terutama bagi yang memiliki perkebunan.

 

“Harapannya dengan adanya pelatihan bisa bermanfaat bagi masyarakat, terutama peternak yang punya perkebunan. Sehingga kotoran sapi ini tida menumpuk, bahkan bisa bernilai ekonomis, apalagi kalau bisa dikemas dengan kemasan yang menarik. Saya yakin bisa menunjang ekonomi masyarakat,” Harapnya.

BACA :  Jual Beli Ayam Tiren Bakal Diselidiki

 

Disisi lain, Kepala Urusan (Kaur) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Desa Purwodadi Dalam sekaligus praktisi penggerak pertanian organik, Aan turut berharap para peternak di seluruh desa itu turut berpartisipasi dalam pemanfaatan limbah kotoran sapi tersebut.

 

“Saya harap seluruh kelompok ternak yang ada di Desa Purwodadi Dalam ikut berperan aktif dalam pemanfaatan limbah kotoran sapi ini untuk kesuburan tanah, terutama perkebunan yang ada disini,” Imbuhnya.(cw1)