Pilgub di Lamsel Kondusif

539

KALIANDA – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Lampung berlangsung lancar, aman dan damai dan kondusif di Kabupaten Lampung Selatan.

Tidak ada hambatan berarti dalam pesta demokrasi lima tahunan untuk memilih pemimpin provinsi berjuluk Ruwa Jurai ini. Sejak pagi masyarakat yang notabennya sebagai pemilih cukup antusias untuk menggunakan hak pilihnya disetiap TPS yang telah disediakan KPU. Kondisi ini memang didukung oleh cuaca yang teduh dan cerah saat hari pencoblosan kemarin.

Pantauan Radar Lamsel para tokoh politik di Kabupaten Lamsel menggunakan hak pilihnya di TPS – TPS para tokoh terdaftar. Seperti Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan yang menggunakan hak pilihnya di TPS 02 Desa Pisang Kecamatan Penengahan. Lalu Wakil Bupati Lamsel Nanang Ermanto beserta isterinya Winarni di TPS 2 Desa Waygalih, Kecamatan Tanjungbintang.

BACA :  Warga Desa Canggu Tewas Disambar Petir

Begitu juga dengan calon Wakil Gubernur Lampung Ir. Sutono yang mencoblos di TPS 20 Kelurahan Wayurang, Kecamatan Kalianda.

KPU Lampung Selatan mengaku bersyukur penyelenggaraan Pilgub Lampung di Kabupaten Lamsel berlangsung aman, damai, lancar dan kondusif.

Alhamdulillah, ya. Dari hasil monitoring yang dilakukan tidak ada hambatan berarti yang terjadi,” kata Komisioner KPU Lamsel Hj. Sri Fatimah kepada Radar Lamsel melalui sambungan telepon kemarin.

Sri Fatimah bertugas melakukan monitoring di Kecamatan Natar dan Jatiagung. Di dua kecamatan yang memiliki jumlah pemilih besar ini, Sri menyebutkan bahwa proses pencoblosan berlangsung lancar. Bahkan, proses pemungutan terhadap para pemilih yang berada di dalam Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Wayhui, Jatiagung pun dapat dilakukan dengan lancar.

“Di Lapas kita kekurangan surat suara. Tetapi bisa ditanggulangi dari TPS-TPS terdekat. Disana ada 175 pemilih menggunakan hak pilihnya,” sebut perempuan berjilbab itu.

BACA :  ODP Mayoritas Perantau

Sri menilai keseluruhan proses pemungutan suara Pilgub Lampung di Kabupaten Lamsel tidak terhambat oleh hal-hal yang bersifat teknis. “Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung penyelenggaraan Pilgub Lampung ini,” ucap Sri.

Senada dengan Sri. Ketua Panwaslu Lamsel Khoirul Anam juga mengungkapkan hal yang sama. Dari pengawasan Panwaslu Lamsel saat hari pencoblosan kemarin, Anam menyebut tidak ada hambatan-hambatan krusial yang mengganggu jalannya proses pemungutan suara.

Alhamdulillah, lancar. Cuma ada persoalan doble mandat yang terjadi di Kecamatan Jatiagung. Jadi, ada dua saksi yang datang atas Paslon nomo 2 dengan dua surat yang berbeda. Tetapi ini, tidak mempengaruhi jalannya pemungutan suara,” ungkap Anam. (edw)