Pilkades PAW Tunggu Aturan Kemendagri

116
ILUSTRASI

PENENGAHAN – Tahun ini ada beberapa desa yang dijadwalkan melakukan pemilihan kepala desa PAW (Pergantian Antar Waktu). Di antaranya Desa Kekiling, Kecamatan Penengahan, dan Desa Kerinjing, Kecamatan Rajabasa. Namun pesta demokrasi di desa ini harus ditunda karena wabah Covid-19.

Sejauh ini belum diketahui kapan jadwal pemilihan kades PAW akan berlangsung. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lampung Selatan belum bisa memastikan. Sebab, dinas yang menaungi urusan desa ini juga masih menunggu aturan dari Kemendagri RI.

“Sementara surat dari Kemendagri isinya belum bisa PAW karena masih Covid-19,” kata Plt. Kasi Pengelolaan Keuangan Desa Dinas PMD Lamsel, Rudi, saat dikonfirmasi Radar Lamsel, Selasa (16/6/2020).

Sebelumnya Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan surat nomor: 141/2577/SJ Saran Penundaan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak dan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu.

BACA :  Pemdes Banjarmasin Sukses Bangun Infrastruktur Tahun 2020

Disebutkan dalam poin A yaitu menunda penyelenggaraan kepala desa serentak maupun PAW di wilayah sampai dengan dicabutnya status keadaan tertentu, darurat bencana wabah penyakit akibat Covid-19 di Indonesia oleh pihak berwenang. Dalam poin B disebutkan penundaan yang dilakukan sebagaimana huruf A tidak membatalkan tahapan yang telah dilaksanakan Sebelumnya.

Selanjutnya dalam poin C disebutkan dalam hal proses pelaksanaan telah pada tahapan penetapan calon, maka proses tahapan selanjutnya yang terdapat kegiatan berkumpul orang banyak. Seperti kampanye calon, maupun pemungutan suara untuk dapat ditunda sampai dengan sebagaimana penjelasan dalam huruf A di atas.

BACA :  Pemdes Banjarmasin Sukses Bangun Infrastruktur Tahun 2020

Terakhir dalam poin D disebutkan berkaitan dengan protokol nasional penanggulangan bahaya Covid-19, agar hal yang berkaitan dengan kunjungan kerja pada kepala desa, atau menerima kunjungan dari dan ke daerah lain ditangguhkan dengan waktu yang akan diinformasikan kembali. Demikian bunyi keempat poin dalam surat yang ditandatangani Mendagri, Tito Karnavian.

Jika merujuk pada surat tersebut, artinya jabatan Pj. Kades bakal dipegang lebih lama dari biasanya. Tetapi, tidak menutup kemungkinan Pilkades PAW bakal dilaksanakan tahun 2021 nanti. Jika dilaksanakan pada tahun tersebut, bisa saja pelaksanaan Pilkades PAW bersamaan dengan Pilkades serentak.

“Ada kemungkinan tahun depan. Ya semoga saja Corona ini cepat berlalu,” katanya. (rnd)