Pilkades Serentak Masuk Tahap Verifikasi Berkas Tingkat Desa

6
ILUSTRASI
GEDONGTATAAN – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di 37 desa di Pesawaran saat ini tengah memasuki tahap verifikasi berkas di tingkat desa. Dan diagendakan verifikasi berkas bakal calon rampung minggu ini.
“Minggu ini verifikasi berkas bakal calon kepala desa di tingkat desa. Insya Allah Minggu ini selesai. Dan pekan depan kita agendakan verifikasi berkas di tingkat kecamatan,” ungkap  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pesawaran, Zuriadi, Kamis (10/6).
Dikatakan, saat ini pihaknya masih menginput data jumlah keseluruhan bakal calon kepala desa di 37 desa yang akan Pilkades pada 26 Agustus mendatang. Dimana, jika dalam satu desa terdapat lebih dari lima bakal calon kades, maka akan dilakukan seleksi CAT.
“Maksimal lima calon, kalau lebih maka akan dilakukan seleksi CAT. Dan CAT rencananya akan digelar di universitas. Masih kita input terkait data jumlah Bacalon kades di 37 desa termasuk yang lebih dari lima Bacalon,” ucapnya.
Menurut mantan Kepala Bappeda Pesawaran ini, jika dalam satu desa hanya terdapat 4 atau 5 bakal calon dan berdasar verifikasi berkas lulus. Maka secara otomatis langsung ditetapkan menjadi calon.
“Karena maksimal lima calon, kalau hanya ada tiga bakal calon misalnya. Dan verifikasi berkas lulus, maka bisa langsung ditetapkan menjadi calon. Kita berharap panitia Pilkades baik tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya. (esn)
BACA :  40 Ribu Lansia Akan Divaksin