Polisi Jamin Pilkada Aman

52
Kapolres Lamsel, AKBP. Zaky A. Nasution, S.IK

KALIANDA – 12 hari lagi masyarakat kabupaten Lampung Selatan akan menentukan pilihan pemimpin rakyat. Tepatnya di tanggal 9 Desember 2020. Semakin dekatnya pesta demokrasi tersebut, Polres Lamsel menjamin keamanan saat pemilihan bupati dan wakil bupati.

Saat ini, Polres Lamsel mulai mempersiapkan diri dalam memetakan wilayah-wilayah yang aman dan rawan. Termasuk dalam menempatkan jumlah personel di lokasi pemungutan suara (TPS) yang rawan dan sangat rawan.

Kapolres Lamsel, AKBP. Zaky A. Nasution, S.IK mengatakan ada dua TPS sangat rawan di kabupaten Lampung Selatan. Yaitu di pulau Sebesi, kecamatan Rajabasa, dan pulau Rimau di kecamatan Ketapang. Zaky menilai kedua lokasi ini berstatus rawan karena lokasinya berada di kepulauan. Pulau Sebesi sendiri memiliki 5 TPS, sementara pulau Rimau 1 TPS.

BACA :  Polisi Wajib Dekat Dengan Masyarakat

“Jadi memang karena lokasinya yang harus nyeberang, maka tergolong sangat rawan,” katanya kepada Radar Lamsel, Rabu (26/11/2020).

Sesuai standar operasional prosedur (SOP), lanjut Zaky, TPS sangat rawan akan dijaga oleh dua anggota Polri untuk mengamankan 1 TPS. Berbanding terbalik dengan lokasi TPS aman, yang hanya dijaga oleh dua anggota Polri dalam mengamankan 10 TPS. Bukan hanya Polri saja, kekuatan Korps Bhayangkara juga akan dibantu kekuatan personel dari Polda Lampung.

BACA :  Baru 41 Persen Nakes Di Vaksin Sinovac

“Kami meminta perkuatan, Brimob ada 90 personel, Sabhara 90 personel. Selurhnya akan kami tempatkan di tiga wilayah berbeda-beda, dan menyebar di Lampung Selatan,” katanya.

Selaku pemegang wilayah teritorial, Zaky mengatakan Polres Lamsel menjamin keamanan pesta demokrasi pada 9 Desember nanti. Hanya saja, Zaky meminta masyarakat tetap menjaga situasi agar tetap kondusif. Dan tentunya penekanan terhadap protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan. (rnd)