Polri ‘Peduli Lingkungan’ Sasar Pesisir

44
Ist. Radar Lamsel – Jajaran Polsek Kalianda menanam pohon berbagai jenis di halaman kantornya. Senin (6/1/2020).

KALIANDA – Program Polri Peduli Lingkungan terus digencarkan kepolisian. Setelah Polres Lamsel menanam ratusan pohon di sekitar asrama polres, kali ini giliran jajaran Polsek Kalianda, Polsek Penengahanm Polsek Tanjungbintang, dan Polsek Jatiagung yang melakukan kegiatan penghijauan di sekitar markasnya.

Rinciannya, Polsek Kalianda melakukan penghijauan lahan dengan menanamkan sekitar 80 bibit pohon berbagai jenis. Disusul Polsek Penengahan yang menanamkan 50 batang pohon. Kemudian Polsek Tanjungbintang menanam 35 batang pohon. Terakhir Polsek Jatiagung menanam sekitar 90 batang pohon.

Kapolres Lamsel, AKBP. Edi Purnomo, S.IK menerangkan program Polri Peduli Lingkungan merupakan instruksi dari Mabes Polri. Seluruh satuan wilayah diminta serentak mengaplikasikan kegiatan penanaman pohon sebagai bentuk penghijauan. Dan kepedulian terhadap lingkungan.

BACA :  Kapolres Bakal Razia Narkoba di Lapas

Mengenai penanaman, mantan Kapolres Mesuji ini mengaku tidak memiliki target. Tetapi inti penanaman pohon tersebut dikhususkan sebagai sarana yang bisa bermanfaat terhadap lingkungan. Kemudian dilakukan secara berkesinambungan. “Seperti pohon buah-buahan, itu banyak manfaatnya,” katanya kepada Radar Lamsel, Senin (6/1/2020).

Penanaman pohon berbagai jenis itu didominasi pohon buah. Edi menilai banyak keuntungan yang bisa diambil dari penanaman ini. Selain pohon yang bisa menyerap banyak air, buah dari pohon tersebut bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

BACA : 

“Dari sini kita mendapat banyak manfaat, pohon untuk kelestarian lingkungan, dan buah yang bisa dimakan,” katanya.

Sementara ini, program Polri Peduli Lingkungan masih akan menyentuh wilayah Polsek-Polsek terlebih dahulu. Sebab, penghijauan di markas kepolisian menjadi titik utama dari program tersebut. Namun Edi tak menutup kemungkinan jika penanaman pohon akan dilakukan di wilayah lain.

“Awalnya hijaukan dulu lingkungan kita, seperti asrama, polres, dan polsek. Insyaallah Kamis (9/1/2020) kami mau tanam mangrove di sekitar laut. Semoga program ini bisa mencegah abrasi pantai,” katanya. (rnd)

BAGIKAN